Bagikan:

JAKARTA - Produsen mobil asal Jerman, Porsche kembali melakukan proses penarikan kembali (recall) pada unit mobil mereka. Unit yang terkena dampak tersebut berjumlah sekitar 6.000 kendaraan.

Seperti yang diwartakan oleh Hinudstan Times, Rabu, 29 Maret, total ads 6.531 unit mobil Porsche yang terkena recall untuk wilayah Amerika Serikat dan Kanada.

Model yang terkena penarikan kembali ialah Porsche Taycan Turbo 2020, Porsche Taycan dan Carrera 2020 hingga 2021 di Kanada. Untuk AS, terdapat setidaknya 130 unit Porsche Taycan produksi 2020 yang terkena dampak.

Masalah yang memicu Porsche melakukan penarikan kembali ialah terjadi masalah pada sistem seat belt yang tidak bekerja seperti seharusnya, yaitu ketika pengemudi atau penumpang tidak menggunakan seat belt, maka peringatan tidak menyala. Normalnya, ketika pengemudi/penumpang sedang berada di mobil tapi tidak menggunakan seat belt, maka terdapat tanda pemberitahuan untuk segera menggunakan seat belt.

Badan Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA) dalam laporannya mengatakan, masalah yang terjadi bukan berkaitan dengan kerusakan sistem seat belt, namun terjadi kesalahan pada perangkat lunak.

Apalagi, masalah seperti ini sangat penting untuk wilayah seperti Amerika Serikat dan Kanada yang memiliki aturan lalu lintas yang sangat ketat.

Porsche telah mengimbau pelanggan untuk datang ke bengkel resmi demi melakukan pengecekan dan pergantian sistem seat belt mobil yang terkena dampak tersebut. Porsche akan melakukan recall pada 16 Mei mendatang.