Bagikan:

JAKARTA - Kabar kurang sedap datang dari Porsche. Produsen spesialis mobil sport ini mengumumkan penarikan kembali yang melibatkan model Taycan di seluruh dunia karena permasalahan sistem pengereman.

Merek dari Jerman ini mencatat adanya masalah pada selang pengereman di bagian depan yang mengalami sejumlah keretakan menyebabkan minyak rem bocor. Dengan demikian, ini dapat mengurangi tekanan rem dan efektivitas sistem.

Dilaporkan Autocar, Kamis, 27 Juni, merek belum mengungkapkan jumlah kendaraan yang terdampak. Namun hingga saat ini, Porsche telah menjual sebanyak 150.000 unit secara global sejak model ini diluncurkan pada 2020 lalu.

Manager Taycan Project Kevin Giek, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan sejumlah analisis mengenai kualitas di bagian internal dan menetapkan bahwa kegagalan ini dapat terjadi dalam beberapa kasus saja.

“Keselamatan adalah prioritas utama kami, jadi kami memutuskan perlu mengoptimalkan selang rem di gandar depan dan memutuskan konstruksi baru,” kata Giek.

Ia menambahkan bahwa pihaknya akan melakukan sejumlah perubahan mulai dari mendesain ulang selang, titik pengereman, dan kinematic terbaru. Porsche meyakini kegagalan ini dapat diminimalisir dengan perubahan ini.

“Kami telah mendesain ulang selang terbaru, titik pengereman, dan kinematik baru. Ini membuat kami sangat yakin bahwa kegagalan ini tidak akan terjadi lagi,” ungkap Giek.

Porsche Taycan yang mengalami kesalahan ini akan menampilkan lampu peringatan pada bagian dasbor. Jika pemilik melihat tanda peringatan ini, maka mobil tersebut disegerakan untuk membawanya ke jaringan dealer.

Sementara itu, bila pemilik kendaraan melihat lampu merah muncul pada indikator maka mereka harus menghubungi Porsche dan dihimbau untuk tidak menggunakan kendaraannya.

“Jika pelanggan mendapat peringatan, mereka membawa dan menanyakan tanggal dan pemeliharaan ke bengkel. Tapi sisanya berfungsi dengan baik,” tambah Giek.

Pabrikan mengatakan bahwa masalah tersebut teridentifikasi kurang dari 1 persen dari seluruh model Taycan yang dijual secara global sejak diluncurkan pada 2020 lalu.

Ini bukan pertama kalinya model tersebut terdampak program recall. Sebelumnya, Porsche mengumumkan bahwa Taycan mengalami kerusakan pada modul baterai.

Ini menyebabkan model seperti Audi e-tron juga terdampak karena berbagi modul baterai yang sama dengan Porsche Taycan. Keduanya telah memulai penyelidikan dengan LG Energy Solution Wroclaw sebagai pemasok baterai.