Bagikan:

JAKARTA - Produsen teknologi asal China Xiaomi yang kini bermain di segmen mobil ramah lingkungan tampaknya kian serius terjun ke industri otomotif.

Buktinya, berdasarkan laporan dari Carnewschina, Kamis, 26 September, pembangunan pabrik Xiaomi Automobile tahap kedua dikabarkan telah dimulai dan para pekerja telah melakukan pembangunan siang malam untuk memastikan penyelesaian lebih cepat. 

Sebagian fondasi pabrik kedua telah selesai dibangun dan konstruksi dilaporkan telah dimulai sejak pembelian lahan tersebut dilakukan. Bahkan hingga akhir pekan para pekerja terus membangun tanpa henti. 

Pabrik tahap kedua kemungkinan besar merupakan elemen penting dalam meningkatkan produksi model kedua Xiaomi, SUV MX11. Sebelumnya beberapa kali model SUV tersebut terlihat sedang uji coba jalan di China. 

Laporan tersebut mengungkapkan dengan kehadiran pabrik tahap kedua ini tentunya akan dapat membantu percepatan pengiriman, dan membuka jalan bagi model-model mobil baru dari Xiaomi di masa depan. 

Pabrik baru tersebut kemungkinan juga akan menerapkan teknik manufaktur seperti super die-casting untuk mengurangi biaya dan mempercepat waktu produksi. Sama seperti yang sudah diterapkan di pabrik pertamanya. 

Sebelumnya, pembangunan pabrik Xiaomi tahap pertama dimulai pada April 2022, seluas 720.000 meter persegi, dan selesai pada Juni 2023. Pabrik tahap kedua ini berdekatan dengan pabrik pertama dan mencakup area yang lebih kecil yaitu 531.000 meter persegi.