Bagikan:

JAKARTA - Komunitas Mobil Elektrik Indonesia (KOLEKSI) terus berkembang pesat dan baru saja merayakan ulang tahun ke-3 pada 14 September 2024 di Hotel Ibis Styles BSD Tangerang Selatan.

Dimulai dari sebuah inisiatif kecil pada tahun 2021, KOLEKSI kini telah memiliki lebih dari 200 anggota dari berbagai penjuru Indonesia, dengan 90 persen anggotanya berdomisili di wilayah Jabodetabek dan saling bersatu untuk visi dan misi dengan moto yaitu: “Go Green, Save Earth”.

Dalam waktu singkat, KOLEKSI telah berhasil menjadi komunitas mobil listrik terbesar di Indonesia dan memberikan kontribusi signifikan dalam mendorong adopsi kendaraan listrik. Melalui berbagai program edukasi, advokasi kebijakan, dan kegiatan sosial, KOLEKSI membuktikan bahwa langkah kecil dapat menciptakan dampak besar bagi lingkungan.

“Keberadaan KOLEKSI ini telah memberikan andil dalam percepatan adopsi EV di tanah air yang didukung oleh program-program kerja yang dijalankan secara rutin diberbagai bidang meliputi hukum, teknologi, edukasi dan literasi, acara serta program lainnya yang melibatkan pihak pemerintah dan swasta,” ujar Ketua Umum KOLEKSI, Arwani Hidayat, melalui keterangan resmi yang diterima, Minggu, 15 September.

Koleksi merupakan komunitas EV yang juga terdaftar resmi sebagai anggota Ikatan motor Indonesia (IMI) yang mana mendapatkan dukungan penuh dari IMI, tukas ketuanya yaitu Arwani Hidayat.

Tidak berhenti sampai di sini, KOLEKSI juga terus maju berkecimpung dengan semua pihak dan stakeholder untuk mendorong pelestarian lingkungan hidup dan tercapainya lingkungan yang lebih asri dengan berbagai macam kegiatan, seperti edukasi penggunaan energi hijau dan bersih, edukasi pengelolaan sampah.

“Termasuk pada kesempatan hari ini (14/9), KOLEKSI mengumpulkan sampah elektronik (e-waste) serta berbagai kegiatan yang sangat positif sesuai tema HUT KOLEKSI ke-3 yaitu ‘Small Step, Big Impact’,” tukas Ketua Panitia Penyelenggara HUT ke-3 KOLEKSI, KPAA Emir Ferdian Notoprojo.

Emir juga menyampaikan bahwa HUT ke-3 KOLEKSI kali ini juga dibarengi dengan Musyawarah Nasional (Munas) perdana dalam rangka pemilihan kepengurusan baru masa bakti 2024-2027. Di mana Arwani Hidayat kembali terpilih untuk menjabat sebagai Ketua Umum KOLEKSI.

Pada kesempatan ini, Emir juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dan keterlibatan dari berbagai pihak baik pemerintah dan swasta dalam menyukseskan kegiatan hari ini dalam berkontribusi melestarikan lingkungan melalui kegiatan kecil yang berdampak besar bagi lingkungan.