Bagikan:

JAKARTA - Acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 sukses digelar selama 11 hari yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang. Edisi tahun ini merupakan yang terbesar karena melibatkan 11 hall karena banyaknya pabrikan baru yang masuk ke pasar tanah air.

Namun beredar rumor bahwa ajang ini akan pindah lokasi ke Pantai Indah Kapuk, Jakarta demi mengakomodir banyaknya pabrikan yang ikut pada ajang ini. 

Gaikindo pun buka suara soal ini melalui Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi, yang memastikan bahwa gelaran GIIAS tahun depan masih akan berlangsung di ICE BSD, Tangerang.

“Tahun depan masih di BSD, kita belum pelajari lebih pasti lagi dan kita belum putuskan,” kata Nangoi saat wawancara kepada media, menjelang akhir pameran.

Nangoi menilai bahwa keputusan tersebut harus diperhitungkan secara matang karena jumlah pengunjung di ICE BSD berlangsung stabil dan lokasinya telah dikenal bagi pengunjung maupun pecinta otomotif Indonesia sebagai lokasi GIIAS.

“Tahun ini jumlah pengunjungnya masih banyak dan selalu positif,” tambah Nangoi.

Pameran tahunan ini telah diramaikan oleh sejumlah peserta yang akan memenuhi total 11 area hall ICE BSD, Tangerang. Disebutkan ada penambahan hall baru dengan luas 12.000 meter persegi.

Usung tema “Innovation Meets Inspiration”, diharapkan ajang tersebut dapat dimanfaatkan berbagai merek untuk memperkenalkan produk terbarunya dan demi memajukan industri otomotif di Indonesia yang semakin besar.

Edisi tahun ini menghadirkan total 55 merek kendaraan bermotor dari berbagai negara seperti Jepang, Korea, Cina dan negara negara Eropa, termasuk 31 merek kendaraan penumpang yakni; Audi, Baic, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, GAC Aion, GWM, Honda, Hyundai, Jaecoo, Jetour, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, Volvo, Wuling. 4 merek dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, UD Trucks.

Selain itu, terdapat 20 merek dari kendaraan roda dua; Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Exotic, Gelis, Harley-Davidson, Ion Mobility, Italjet, Kupprum, Motoguzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Alloy, Royal Enfield, Scomadi, Vespa, Vmove, Volta dan ZPT.

Selain kendaraan penumpang, kendaraan komersial, dan kendaraan roda dua, 3 merek Karoseri juga turut memeriahkan pagelaran GIIAS 2024, yakni Adiputro, Laksana, dan Tentrem. Lebih dari 120 merek peserta dari industri pendukung juga tak mau kalah untuk memamerkan inovasi dan teknologi terbaru produk mereka dalam penyelenggaraan GIIAS 2024.