Tahun Ini, Pameran Otomotif GIIAS 2020 Batal Digelar
Pameran Otomotif GIIAS (dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) untuk tahun 2020 resmi ditiadakan. Event yang rencananya akan berlangsung pada 22 Oktober hingga 1 November 2020 di ICE, BSD, Tangerang itu batal digelar.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi menjelaskan, event bertaraf internasional itu terpaksa dibatalkan karena waktu persiapan yang tak mencukupi. 

"Pada setiap penyelenggaraan GIIAS, membutuhkan persiapan yang kompleks, detail dengan waktu yang cukup panjang, oleh karena itu, melihat waktu yang semakin pendek, Gaikindo mengambil keputusan untuk membatalkan penyelenggaraan GIIAS 2020 – BSD City," ujar Nangoi dalam keterangan resminya, Selasa, 18 Agustus.

Meski begitu, pihaknya tengah berupaya agar gelaran otomotif itu dapat kembali digelar pada 2021 mendatang. Dengan harapan kondisi perekonomian Indonesia telah kembali pulih.

Dijelaskan Nangoi, sebagai penggantinya akan digelar pameran otomotif dengan skala lebih kecil, yaitu Gaikindo Jakarta Auto Week yang siap dilaksanakan pada 21-29 November 2020 di Jakarta Convention Center (JCC).

"Sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk memulihkan ekonomi negara, serta dengan arahan dan dukungan penuh dari Kementerian Perindustrian, maka diputuskan tahun ini Gaikindo akan menyelenggarakan sebuah pameran otomotif dengan konsep berbeda dari GIIAS,” jelas Nangoi.

Gaikindo Jakarta Auto Week

Menjadi pengganti GIIAS, tahun ini, Gaikindo akan menyelenggarakan pameran otomotif dengan konsep Gaikindo Jakarta Auto Week. Dalam acara ini, penjualan mobil secara masif dan perkenalan produk baru diharapkan bisa berjalan maksimal.

Pameran otomotif ini akan digelar pada tanggal 21 – 29 November 2020, di Jakarta Convention Center (JCC). Selaku Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo, Rizwan Alamsjah mengatakan pameran itu digelar dengan konsep berbeda dengan GIIAS The Series.

“Seperti yang kita ketahui GIIAS fokus mengedepankan ajang peluncuran produk dan teknologi terbaru dari industri otomotif. Sedang Gaikindo Jakarta Auto Week tujuannya menggenjot penjualan mobil baik existing product ataupun yang baru diluncurkan pada pelaksanaan pameran," kata dia.

Ia menambahkan, pameran itu digelar dengan standar protokol COVID-19 dengan pembatasan jumlah pengunjung.