Bagikan:

JAKARTA - Pernahkah mengalami mobil tidak bisa dinyalakan atau mati mendadak karena aki mobil tidak berfungsi? Bikin panik dan repot, kan? Ternyata, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah aki soak dan menjaga kondisinya agar tetap prima dan tahan lama.

Menurut Chief Executive Marketing Astra Otoparts Indra Nugraha, aki termasuk komponen "Free Maintenance" yang mudah dirawat. Kuncinya adalah menjaga kebersihan aki saat pemasangan.

"Aki itu kan bebas perawatan. Pertama saat kita pasang, langsung pakai saja asalkan dalam kondisi bersih dan prima," jelas Indra saat wawancara dengan media di Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Selasa, 16 Juli.

Namun, Indra juga mengingatkan bahwa aki tidak bekerja sendiri. Ada komponen lain seperti dinamo pengisian atau alternator yang berperan penting dalam menjaga kesehatan aki.

"Aki juga tergantung pada dinamo pengisian. Kalau dinamonya bermasalah, aki juga bisa soak," tambahnya.

Selain itu, ada beberapa faktor lain yang dapat memperpendek usia aki, seperti:

  • Jarang digunakan: Jika kendaraan jarang digunakan, aki tidak akan mendapatkan proses pengisian yang cukup dan bisa soak.
  • Komponen tambahan: Pemasangan komponen tambahan seperti alarm yang terus menyala saat mobil tidak digunakan juga dapat menguras aki.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Indra menyarankan untuk selalu memanaskan kendaraan secara rutin. Hal ini akan membantu proses pengisian aki dan membuatnya lebih tahan lama.

"Konsep aki itu adalah starter, cranking, dan jalan. Ketika jalan kan ada proses pengisian. Nah kalau proses pengisiannya tidak berjalan baik, ada kemungkinan suatu saat bisa soak," jelas Indra.