Bagikan:

YOGYAKARTA - Baterai ataupun aki ialah sumber tenaga utama buat perangkat kelistrikan mobil yang butuh diperhatikan detail. Dalam keadaan sehat tegangan aki normal mobil saat full ataupun penuh wajib sesuai anjuran, bila telah melemah berarti indikasi wajib diganti. Lantas seperti apa tegangan aki mobil normal itu?

Mengukur tegangan aki dicoba dengan 2 metode, yaitu saat mesin mati serta hidup. Pengukuran saat mesin mati buat mengetahui apakah aki telah lemah serta butuh diganti ataupun tidak sebaliknya pengukuran saat mesin hidup buat mengenali kemampuan sistem pengisian dapat bekerja normal maupun tidak.

Tegangan Aki Mobil Normal

Pemilik mobil penting mengetahui tegangan aki normal saat full supaya memahami kondisinya serta dapat melaksanakan langkah antisipasi. Aki mendadak mati karena ternyata telah soak tanpa diprediksi dapat jadi momen menyebalkan karena mesin mobil mungkin jadi tidak dapat dinyalakan, ataupun sesudah dinyalakan dengan didorong-khusus mobil manual, fitur semacam AC, audio, lampu-lampu, serta alarm tidak bekerja maksimal.

Melansir dari Faulkner, besaran voltase ataupun tegangan aki normal mobil dalam kondisi mesin mati yaitu 12.6 V sampai lebih sedikit. Sedangkan saat mesin menyala voltase aki wajib berada di antara 13.7 V sampai 14.7 V.

Saat voltase aki di bawah 12 V, maka mobil mungkin bakal susah di-starter serta peranan fitur elektronik mobil jadi menurun sebab kekurangan pasokan listrik akibat aki mulai soak.

Metode Mengukur Tegangan Aki Mobil

Mengukur tegangan aki mesti memakai perlengkapan semacam voltmeter ataupun multitester/multimeter. Saat mengenakannya dianjurkan menggunakan sepasang sarung tangan serta kacamata buat melindungi diri sendiri. Bila sudah siap serta yakin, maka ikutilah langkah-langkah berikut ini:

  1. Matikan mobil beserta seluruh fitur elektronik di dalamnya
  2. Buka kap mobil serta cari posisi aki. Setelah itu, cari terminal positif (+) serta lepaskan pelindung pada terminal positif
  3. Hubungkan kabel positif multimeter (warna merah) ke terminal positif aki mobil
  4. Hubungkan kabel negatif multimeter (warna hitam) ke terminal negatif aki mobil.
  5. Bila aki mobil berfungsi, tegangan pada meteran multimeter wajib terbaca antara 12. 6 V hingga 12. 8 v
  6. Bila tegangan aki kurang dari 12 V, berarti aki mobil butuh diisi ataupun disetrum

Tips Supaya Aki Mobil Awet

Melansir dari Nation Wide, berikut ini merupakan beberapa metode perawatan aki yang membuat kelistrikan aki mobil bertahan cukup lama serta aman.

  1. Batasi Perjalanan Singkat

Lebih baik pergunakanlah mobil buat perjalanan jarak jauh, alih-alih perjalanan singkat serta dibawa dengan kecepatan yang sangat pelan. Memakai mobil buat perjalanan dekat yang dilakukan secara teratur bisa mengurangi performa aki dalam mobil.

  1. Pastikan Posisi Aki Terpasang Kencang

Pastikan letak aki di dalam mobil terikat dengan sempurna, karena kelonggaran bisa menghasilkan hubungan arus pendek ataupun korsleting.

Upaya ini pula butuh dilakukan, terutama bila kerap berkendara di jalan bergelombang, maka selalu pastikan terminal aki terpasang dengan benar serta presisi di bracket pemasangan.

  1. Matikan Semua Lampu saat Keluar dari Mobil

Hal simpel serta gampang ini butuh jadi Kerutinan yang wajib dilakukan untuk owner mobil. Senantiasa pastikan buat mematikan lampu saat turun dari mobil, walaupun sebentar ataupun lama.

Fitur serupa lampu mobil dapat menyala tanpa mesin hidup, metode kerja ini buat tingkatkan fungsionalitas tetapi mesti dimengerti bisa menghabiskan tenaga aki apabila terlalu lama ataupun lupa dimatikan.

  1. Bersihkan Terminal Aki

Pemilik kendaraan butuh memastikan terpaut tingkat kebersihan pada tubuh aki, salah satu kuncinya yaitu di terminal aki. Hal yang butuh dicermati yaitu tidak berkarat, tidak berjamur, sampai tidak mengalami kelonggaran.

Karat serta jamur bisa diatasi dengan menggosok serta mengelap bagian kotor memakai sikat serta lap kain. Sedangkan bila longgar cuma butuh dikencangkan.

Terminal aki dapat terpapar debu serta kotoran, keduanya sanggup menghambat hantaran listrik dari aki ke komponen kendaraan.

  1. Rawat Mobil dengan Cinta

Mobil bakal terpelihara dengan cinta dan kasih sayang. Rasa cinta dan sayang itu dapat ditunjukkan dengan membawa mobil teratur ke bengkel buat pengecekan, misalnya mengikuti jadwal servis berkala sesuai saran yang umumnya termasuk pengecekan aki.

Kalian juga bisa mempelajari “Cara Jumper Aki Mobil yang Benar” agar mobil kalian senantiasa baik performanya.

Jadi setelah mengetahui tegangan aki mobil normal , simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!