Bagikan:

JAKARTA - Porsche secara resmi membawa all-Electric Macan ke Indonesia. Ini merupakan pertama kalinya seri ini menawarkan penggerak listrik sepenuhnya setelah 10 tahun mengandalkan mesin pembakaran murni (ICE).

Selain itu, mobil ini juga memiliki sejumlah perombakan mulai dari segi desain, kenyamanan interior, teknologi lebih canggih, hingga performa yang impresif. Bahkan, Macan generasi terbaru ini juga telah dipesan sebelum masa peluncurannya.

Sales & Marketing Manager Porsche Indonesia Ricko Boen, mengatakan pihaknya telah mengantongi pemesanan untuk SUV premium bertenaga listrik ini namun tak menyebut jumlahnya.

“Stok yang kami dapatkan sudah dialokasikan. Setahu saya sudah ada yang memesan Macan,” kata Ricko saat diwawancarai media setelah peluncuran di Kebon Jeruk, Jakarta, Senin, 10 Juni.

Meskipun telah dipesan oleh konsumen Indonesia, Ricko mengatakan belum bisa memastikan masa tunggu untuk all-electric Macan karena pihaknya perlu menunggu konfirmasi dari Porsche di Jerman. Perlu diketahui, model ini merupakan rakitan impor (CBU) dari Leipzig.

“Untuk masa inden, dari Jerman belum ada konfirmasi ke kita kapan akan tiba di Indonesia. Ya sebagai gambaran, model sebelumnya itu bisa 6-8 bulan untuk masa tunggu mobil yang kami kustomisasi sendiri,” jelas Ricko.

Ricko juga menambahkan pihaknya memiliki target pasar untuk model ini, terutama untuk keluarga baru dan golongan yang peduli terhadap lingkungan. Dengan demikian, cakupan pasarnya lebih luas bila dibandingkan dengan model Porsche lainnya seperti Taycan.

“Target marketnya tentu pelanggan yang peduli pada lingkungan namun menginginkan sisi practical, karena Macan ini sebuah SUV,” ucap Ricko.

Indonesia mendapatkan dua tipe Macan, yakni Macan 4 yang ditenagai motor listrik berkekuatan 408 ps dan torsi 650 Nm dan Macan Turbo memiliki tenaga tertinggi sebesar 639 ps dengan torsi dahsyat 1.130 Nm.

Dengan demikian, model ini dapat mencapai kecepatan dari 0 ke 100 km/jam dalam 5,2 detik untuk tipe standar dan secepat 3,3 detik untuk Turbo. Keduanya memiliki kecepatan tertinggi masing-masing 220 km/jam dan 260 km/jam.

Dilengkapi dengan baterai listrik lithium-ion kapasitas kotor 100 kWh (95 kWh aktif), mobil ini dapat menempuh jarak 613 km untuk tipe standar dan 591 km untuk varian Turbo. Pengisian daya cepat DC 270 kW memungkinkan mobil ini mengisi daya dari 10 hingga 80 persen dalam 21 menit. Macan EV juga kompatibel dengan pengisian daya 11 kW untuk penggunaan di area perumahan.

Masuk ke pasar kendaraan listrik premium di tanah air, all-electric Porsche Macan dibanderol senilai Rp2,49 miliar Off The Road DKI Jakarta. Harga tersebut belum termasuk opsi personalisasi yang ditawarkan oleh pabrikan.