Bagikan:

JAKARTA - Mitsubishi akan memperbanyak jajaran modelnya di pasar Australia dengan serangkaian kendaraan baru, mulai dari mobil listrik, Sports Utility Vehicle (SUV) kecil baru, hingga versi Triton.

Berdasarkan laporan Drive, dikutip Jumat, 7 Juni, kurangnya model baru dalam beberapa tahun terakhir dan fokus Mitsubishi pada negara berkembang Asia membuat jenama asal Jepang tersebut berisiko kehilangan pangsa pasarnya di Australia. Bahkan, pabrikan tersebut kini hanya punya tiga model yang ditawarkan yaitu Triton, Pajero Sport 4WD dan Outlander.

Sebelumnya Mitsubishi telah memaparkan rencana peluncuran banyak model untuk pasar Amerika Serikat, dan telah mengonfirmasi beberapa model baru atau yang diperbarui secara signifikan di Australia.

“Australia adalah pasar inti bagi Mitsubishi Motors Corporation (MMC), dan memberikan kontribusi penting bagi bisnis global kami,” kata kepala strategi produk global Mitsubishi Koichi Namiki dalam sebuah pernyataan.

Mengacu dari teaser gambar yang dibagikan, totalnya akan ada delapan model yang akan diluncurkan untuk pasar Australia, yang akan hadir selama satu dekade ini.

"Kami tidak hanya akan menawarkan baterai-listrik, tetapi juga PHEV dan hybrid, serta memperkenalkan produk-produk yang sesuai yang akan memenuhi Standar Efisiensi Kendaraan Baru (NVES) yang ditetapkan oleh Pemerintah Australia," tambahnya.

Sebenarnya dari gambar yang dibagikan bisa berspekulasi model yang akan hadir untuk pasar lokal, di mana ada SUV kompak, terdapat jua jajaran model masa depan dari  Mitsubishi Amerika Utara yang dirilis bulan lalu.

Dari pantuan VOI, ada salah satu model yang memang tak asing alisan merupakan model yang lahir di Indonesia yaitu X Force yang merupakan konsep dari XFC.

Untuk pasar Indonesia, XForce hadir dengan bahasa desain Dynamic Shield memberikannya punya tampang gagah dan mewah. Fasia depan mengadopsi T-Shape Headlight. Secara dimensi mobil satu ini memiliki panjang 4.390 mm, lebar 1.810 mm, tinggi 1.660 mm, wheelbase 2.650 mm, dan ground clearance 222 mm

Bicara fitur keselamatan, XForce dilengkapi dengan 4 airbags (driver, passenger dan side airbags), serta beberapa fitur ADAS, seperti: Active Stability Control, Hill Start Assist, Blind Spot Warning, serta Rear Cross Traffic Alert, Tire Pressure Monitoring System.

Dibalik kapnya, mobil ini menggunakan mesin dengan kode 4A91 berkapasitas 1.499 cc yang bisa memuntahkan tenaga 77 kW di 6.000 rpm dan torsi 141 Nm di 4.000 rpm. Tenaga itu disalurkan melalui transmisi CVT.

Menyoal harga, Mitsubishi XForce hadir dalam dua varian yaitu Ultimate CVT yang dibanderol mulai dari Rp414 jutaan, dan varian Exceed CVT yang menyentuh angka Rp381 jutaan.