Bagikan:

JAKARTA - Vingroup dan Mitsubishi Corporation telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama strategis komprehensif, yang fokus di lima bidang utama termasuk industri otomotif.

Khususnya industri otomotif, Mitsubishi Corporation akan menjajaki penyediaan layanan purna jual bagi VinFast di pasar internasional, sehingga meningkatkan daya saing VinFast merek mobil listrik.

Memanfaatkan pengalaman luas mereka di Jepang, Vietnam, dan pasar global, kolaborasi antara Mitsubishi Corporation dan Vingroup, melalui pendirian kelompok kerja, akan segera melaksanakan tujuan MoU. Kemitraan ini bertujuan untuk mewujudkan produk dan layanan berstandar internasional ke pasar, memajukan pembangunan berkelanjutan.

“Mitsubishi Corporation secara aktif menjalankan berbagai macam bisnis usaha yang didorong oleh misi meningkatkan kualitas hidup masyarakat Vietnam," kata CEO of Urban Development and Infrastructure, Mitsubishi Corporation Takuya Kuga, dalam keterangan resminya, Jumat, 31 Mei.

Selain di sektor otomotif, keduanya juga fokus di bidang bisnis data center, kedua pihak akan melakukan studi kelayakan untuk mendirikan usaha patungan untuk operasi pusat data di Vietnam. Inisiatif ini bertujuan untuk menyediakan digital kritis infrastruktur bagi masyarakat Vietnam, berkontribusi terhadap transformasi digital dan sosial Vietnam perkembangan.

Terkait energi terbarukan, kedua belah pihak akan melakukan studi kelayakan penerapannya proyek pembangkit listrik tenaga angin di Vietnam. Proyek-proyek ini bertujuan untuk memasok energi bersih dan andal ke perkotaan proyek pengembangan yang dikembangkan oleh Vinhomes.

Sementara itu, terkait daur ulang minyak jelantah, Mitsubishi Corporation akan membentuk kelompok kerja untuk melakukan hal tersebut mengumpulkan minyak goreng bekas dari proyek Vinhomes dan Vinpearl, mendaur ulangnya menjadi biofuel untuk melindungi lingkungan. Selain itu, mereka akan mempromosikan kegiatan masyarakat untuk menumbuhkan gaya hidup hijau di daerah perkotaan.

"Dengan pembentukan kemitraan strategis yang komprehensif antara Vingroup dan Mitsubishi Korporasi, saya yakin kedua kelompok ini akan memulai jalur pertumbuhan dan peningkatan yang kuat tahun-tahun mendatang," pungkasnya.