Mitsubishi Rayakan Produksi 100 Ribu Unit Kendaraan Mini Full Listrik
Mitsubishi Ek X EV. (Dok. MMKSI)

Bagikan:

JAKARTA - Mitsubishi Motors Corporation (Mitsubishi Motors) meraih prestasi gemilang dengan mencatat total produksi 100.000 unit kendaraan mini listrik penuh mereka, Mitsubishi eK X EV dan model Nissan Sakura, dalam waktu singkat hanya dalam 1 tahun 10 bulan sejak awal produksi.

Produksi kedua model ini dimulai pada bulan Mei 2022 di pabrik perakitan Mitsubishi Motors Mizushima. Mereka berhasil mencapai 50.000 unit dalam tahun pertama, dan kini, dalam kurun waktu kurang dari dua tahun, telah mencapai 100.000 unit.

"Model Mitsubishi eK X EV dan Nissan Sakura lahir dari kolaborasi antara Mitsubishi Motors dan Nissan, kedua perusahaan yang telah menjadi pelopor dalam industri kendaraan listrik. Keduanya telah mendapatkan pengakuan melalui berbagai penghargaan otomotif sebagai representasi ideal dari mobilitas dalam menyokong upaya dekarbonisasi di Jepang," demikian pernyataan resmi perusahaan, dirilis Selasa, 26 Maret.

Sebagai bukti keberhasilan kerjasama dengan Nissan, Mitsubishi Motors bertekad untuk terus meningkatkan kualitas produksi Mitsubishi eK X EV dan Nissan Sakura agar lebih banyak konsumen dapat menikmati kendaraan ini.

Model ini sebenarnya telah diperkenalkan oleh Mitsubishi dalam acara GIIAS 2023, yang merupakan versi mini kendaraan listrik kelas Kei yang ditujukan untuk pasar Jepang. Namun, belum ada informasi lebih lanjut mengenai ketersediaan mobil ini di pasar Indonesia.

Mengenai spesifikasi, secara visual, fascia depan Mitsubishi eK X EV mirip dengan Mitsubishi Xpander, hanya dalam versi yang lebih kecil. Dimensinya mencakup panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, tinggi 1.655 mm, dan sumbu roda sepanjang 2.495 mm.

Mobil ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 20.000 watt-hour (wH) dengan jangkauan klaim sekitar 180 kilometer dengan satu kali pengisian daya penuh. Baterai ini didukung oleh motor listrik berdaya 47.000 watt. Untuk pengisian daya, kei car listrik ini menggunakan colokan ChaDeMo yang merupakan standar di Jepang, memungkinkan pengisian cepat mulai dari 10 persen hingga penuh dalam 80 menit. Harga Mitsubishi eK X EV mulai dari 2.398.000 yen Jepang atau sekitar Rp250 jutaan.