Bagikan:

JAKARTA - Raksasa otomotif asal China yaitu BYD dipastikan akan memulai pembangunan pabrik di Thailand, dengan peletakan batu pertama terlaksana pada 10 Maret lalu. 

Mengutip dari laman Carnewschina, Jumat, 22 Maret, baru-baru beredar gambar bahwa BYD telah memulai uji coba produksi mobil listriknya, dan peluncuran produksinya dikabarkan terlaksana pada April 2024.

Dari gambar yang dibagikan terlihat beberapa orang mengelilingi satu mobil BYD Atto 3 yang memang berada tepat di jalur produksi, dan terlihat kemudi ada di sebelah kanan. Artinya jika tak lama lagi versi produksi akan diluncurkan memungkinkan BYD untuk mengintensifkan ekspansinya di Thailand dan pasar Asia Pasifik. 

Seperti diketahui pabrik BYD di China memiliki area seluas 960.000 meter persegi dan memiliki volume produksi tahunan sebesar 150.000 kendaraan.

Lantas bagaimana kabar terbaru untuk pabrik di Indonesia? Ya, BYD memang berencana untuk membangun pabrik di Indonesia peletakan batu pertama atau groundbreaking direncanakan pada Juli tahun 2024.

Berdasarkan cuitan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, di laman Instagram resminya, ia memaparkan bahwa BYD sangat antusias berinvestasi di Indonesia. 

"Deputi saya sempat mengunjungi Shenzhen untuk bertemu BYD guna memfasilitasi investasi pabrik mereka, BYD sangat antusias dan targetnya di awal 2026 pabrik mereka sudah mulai berproduksi secara komersial di tanah air," tulisnya.