Bagikan:

JAKARTA - Mudik Lebaran 2024 tidak hanya diramaikan oleh deretan mobil konvensional, tetapi juga dimeriahkan oleh kehadiran mobil listrik sebagai salah satu opsi perjalanan menuju kampung halaman.

Seperti yang diketahui, saat ini banyak merek terkemuka yang memasarkan kendaraan listrik di Indonesia, seperti BMW, Wuling, Hyundai, Toyota, MG Motor, Neta, hingga yang terbaru BYD.

Bagi mereka yang merencanakan perjalanan mudik dengan mobil listrik, tidak perlu merasa cemas. PT PLN (Persero) telah memastikan kesiapan seluruh Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, secara langsung mengungkapkan bahwa SPKLU telah tersebar luas di berbagai rest area, siap untuk membantu pemudik dengan berbagai tipe pengisian daya.

"SPKLU telah tersedia di rest area yang siap membantu pemudik saat menggunakan kendaraan listrik," ujarnya kepada para media di Jakarta.

Lebih lanjut, Ari mengungkapkan bahwa saat ini PLN melalui subholding PT Indonesia Comnets Plus (PLN Icon Plus) mengelola lebih dari 600 SPKLU. Di antara total SPKLU tersebut, konsumsi listrik yang diserap oleh kendaraan listrik sepanjang tahun 2023 mengalami peningkatan yang signifikan.

"Ada lebih dari 600 SPKLU yang siap digunakan saat ini," tambahnya.

Selain itu, PLN juga akan terus memantau seluruh SPKLU selama 24 jam penuh. Jika terjadi masalah, tim akan segera ditugaskan untuk menyelidiki dan memperbaikinya.

"Misalnya, jika ada masalah dengan konektivitas, maka akan segera diperbaiki," pungkasnya.