Bagikan:

JAKARTA - Mantan juara dunia Formula 1 atau F1 Jenson Button membuat pemberitaan pada Januari 2022 silam ketika mengumumkan akan melelang Ford Bronco 1970 hasil restorasi.

Lelang mobil ini berlangsung melalui laman Collecting Cars dan pada akhirnya mampu terjual 130.000 poundsterling atau setara Rp2,55 miliar kurs saat ini.

Namun dua tahun berlalu setelah pelelangan, Jenson Button kini dilaporkan ke pengadilan karena telah berbuat curang di mana mobil yang di lelang itu ternyata bukanlah miliknya. Padahal sebelumnya, Button mengatakan bahwa dia telah memiliki mobil tersebut selama empat tahun.

Dilansir dari The Sun, 12 Februari, Leo Eccles (45 tahun), yang membeli Bronco tersebut, telah mengajukan tuntutan hukum dengan klaim bahwa Button "bukan pemilik sah". Dia memiliki bukti-bukti jika mobil itu dimiliki oleh pacarnya saat itu yang kini jadi istrinya Button, Brittny Ward.

9

Eccles, yang menjalankan sebuah perusahaan game di Gloucestershire, mengaku telah membayar dengan harga premium karena meyakini bahwa mobil itu adalah milik Button, dan ia ingin Button mengembalikan uangnya.

Dokumen yang diajukan di Pengadilan County Los Angeles, AS menuduh Button dan istrinya melakukan penipuan, pemalsuan, dan pelanggaran kontrak.

"Belum ada tanggal yang ditetapkan untuk persidangan penuh, tetapi ada sidang manajemen kasus yang akan dilakukan dalam beberapa minggu mendatang,” jelas pengacara Ethan Brown, yang berbicara atas nama kliennya.

"Intinya adalah klaim bahwa mobil pada saat dijual, bukan milik Mr. Button tetapi milik pacarnya saat itu, dan pembayaran yang dibuat jauh lebih besar dari nilai sebenarnya karena dipahami bahwa mobil itu dimiliki oleh Mr. Button, yang diklaim oleh klien kami tidak benar,” tambahnya.

8
Jenson Button dengan Jaguar tipe C tahun 1950-an. (Dok. Instagram/@jensonbutton)

Balik lagi ke pelelangan di tahun 2022, Ford Bronco 1970 yang dilego itu berwarna biru tua dengan aksen merah di bagian depan. Interiornya kulit krem yang dijahit khusus. Di dalam SUV tersebut ada roda berbingkai kayu, shifter chrome otomatis tiga kecepatan, sistem suara Kenwood, dan tombol start. Tapi jendela samping telah dibongkar..

Mobil SUV Ford Bronco 1970 yang diakui Button awalnya hanya ditawarkan di atas 50.000 dolar AS dalam lelang itu namun banyak yang memperkirakan bakal terjual lebih mahal mengingat yang memilikinya adalah Button yang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia.