General Motors Rencanakan Investasi di Brasil demi Tingkatkan Mobilitas Keberlanjutan
Chevrolet Bolt EV. (Dok. General Motors)

Bagikan:

JAKARTA - General Motors, perusahaan otomotif ternama asal AS yang menaungi beberapa merek seperti Chevrolet dan Cadillac, akan berinvestasi untuk melaksanakan peningkatan mobilitas berkelanjutan di Brasil.

Dilansir Reuters, Kamis, 25 Januari, perusahaan berniat menggelontorkan dana sebesar Rp22,5 triliunan di negeri Samba antara tahun ini dan 2028 mendatang.

Jumlah tersebut akan mendanai pembaruan yang menyeluruh sekaligus menambah portofolio dari perusahaan di negara dengan tingkat perekonomian terbesar di Amerika Latin dan akan membantu mengembangkan teknologi dan menciptakan bisnis baru.

Meski demikian, GM belum menyebutkan dimulainya waktu produksi dari kendaraan listrik (EV) dan hybrid di negara tersebut. Keputusan ini diambil tergantung pada evolusi pasar lokal yang cukup dinamis.

Pengumuman tersebut diterima baik oleh Presiden Brasil, Luiz Inacio Lula da Silva, yang memfokuskan upayanya dalam menghidupkan kembali industri lokal di negara ini.

Diharapkan investasi tersebut mempunyai dampak yang signifikan terhadap pembangunan dan inklusi sosial di negara berkembang tersebut. Perjudian yang dilakukan GM ini merupakan fase pertama dari siklus baru di Brasil yang bertujuan memperkuat daya saing perusahaan dan keberlanjutan produknya.

Pihak GM juga belum mau mengungkapkan rincian dari investasi ini. Namun, mereka telah mengumumkan akan meluncurkan enam model kendaraan di Brasil pada tahun ini, salah satunya merupakan minivan tujuh tempat duduk Spin yang didesain ulang.

Rencana investasi tersebut muncul beberapa bulan setelah para pekerja di berbagai pabrik di negara bagian Sao Paulo melakukan pemogokan, memprotes PHK terhadap 1.245 karyawan serta pemotongan yang kemudian dibatalkan setelah ada keputusan dari pengadilan.