Yamaha Mendirikan ENYRING GmbH, Perusahaan Manajemen Baterai Kendaraan Listrik
Gambar layanan berlangganan ENYRING untuk baterai yang dapat ditukar untuk kendaraan listrik kompak. (Dok. Yamaha Global)

Bagikan:

JAKARTA - Yamaha telah mendirikan perusahaan baru, ENYRING GmbH (disebut ENYRING), yang secara khusus fokus pada manajemen baterai untuk kendaraan listrik ringan. Berbasis di Berlin, Jerman, perusahaan ini dijadwalkan akan memulai operasinya pada paruh pertama tahun 2025.

Menurut laman resmi Yamaha Global, Kamis, 28 Desember, ENYRING akan menawarkan layanan penyewaan baterai berbasis langganan, terutama untuk kendaraan listrik perkotaan kompak, seperti eBikes, dengan rentang kecepatan rendah.

Konsep layanan ENYRING memungkinkan pelanggan menyewa baterai secara berlangganan dan dengan mudah menukar baterai tersebut di stasiun baterai yang tersedia di seluruh kota. Ini bertujuan untuk mengatasi kompleksitas pengisian ulang dan mengurangi biaya pembelian baterai baru setelah habis masa pakainya.

Perusahaan juga berkomitmen untuk mendaur ulang baterai yang sudah tak berfungsi lagi, dengan melakukan penguraian dan penggunaan kembali sebagai baterai baru. Proyek ini sejalan dengan upaya Yamaha Motor dalam menciptakan dunia netral karbon.

Selain memberikan nilai baru dalam transportasi sehari-hari, ENYRING diharapkan dapat berkontribusi pada pengurangan limbah, penggunaan sumber daya alam yang berkelanjutan, dan peningkatan efisiensi energi. Hal ini sesuai dengan tujuan utama yang diidentifikasi dalam Rencana Lingkungan Yamaha Motor Group 2050.

Inisiatif baru ini tak hanya bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang berkelanjutan, tetapi juga berfokus pada daur ulang untuk mengurangi beban ekonomi dan waktu pelanggan, sekaligus dampak lingkungan.