Bagikan:

JAKARTA - Elon Musk memberi bocoran mengenai pengembangan kendaraan listrik Tesla berikutnya namun ini adalah pilihan lebih terjangkau. CEO Tesla tersebut mengungkapkan informasi ini dalam wawancara dengan tokoh otomotif Sandy Munro, yang diunggah di kanal YouTube.

Dilansir Business Insider, 6 Desember, Musk menyatakan Tesla telah mencapai tahap yang cukup maju dalam pengembangan mobil murah Tesla.

Ia pun memberi bocoran kisaran harganya sekitar 25.000 dolar AS atau setara Rp388 juta, dan ia juga menyebut cukup rutin setiap minggunya meninjau tahap produksinya.

Ia juga dengan bangga mengatakan revolusi manufaktur yang akan diwakili oleh mobil murah tersebut akan membuat banyak orang kagum karena itu tidak seperti jalur produksi mobil pada umumnya.

Mundur ke belakang, rencana pengembangan mobil murah Tesla ini sudah dikemukan Musk sejak tahun 2020. Pada saat itu, ia menyebut mobil listrik dengan harga terjangkau dapat dicapai dengan mengurangi separuh biaya produksi baterai dan sel.

Lebih lanjut Musk mengatakan kendaraan baru ini direncanakan untuk diproduksi di pabrik Tesla di Texas, di mana Cybertruck saat ini diproduksi, dengan jalur perakitan sekunder di pabrik yang direncanakan di Meksiko.

Jika ini benar maka akan memberikan tekanan pada produsen mobil lain, terutama yang berbasis di Detroit seperti Stellantis, General Motors, dan Ford untuk menawarkan opsi mobil listrik lebih terjangkau untuk bisa bersaing dengan Tesla di pasar mobil listrik.

Pasar mobil listrik di AS sendiri mengalami perubahan signifikan dalam 12 bulan terakhir, dengan konsumen yang lebih mencari opsi yang lebih terjangkau. Sementara, harga Cybertruck yang dulunya disebut Musk cukup terjangkau dibanding pesaingnya ternyata jauh di luar perkiraan sehingga membuat banyak peminat kecewa.