AHM Best Student, Ajang Bergengsi Siswa SMA Ciptakan Ide dan Temuan untuk Kepentingan Masyarakat dan Lingkungan
Astra Honda Motor Best Student. (Dok. AHM)

Bagikan:

JAKARTA - Astra Honda Motor Best Student telah menjadi ajang bergengsi bagi siswa SMA Multitalenta di Indonesia, di mana para siswa berkompetisi untuk menciptakan ide dan inovasi untuk kepentingan masyarakat dan lingkungan.

Pada edisi AHM Best Student 2023, ajang kompetisi ini membagi peserta menjadi dua kategori, yaitu ide dan inovasi, dengan tema utama Sustainable Development Goals (SDG's) atau tujuan pembangunan berkelanjutan. Dewan Juri memilih dua karya terbaik, yaitu water purifier bertenaga surya dan pengaman transaksi digital, yang secara signifikan memberikan manfaat langsung bagi masyarakat.

"Karya-karya remaja ini diharapkan dapat menjadi alternatif yang signifikan dalam menghadapi berbagai tantangan dan memenuhi kebutuhan masyarakat," ujar Ahmad Muhibbuddin, General Manager Corporate Communication AHM, dalam keterangan resmi yang diterima oleh VOI, Kamis, 2 November.

Lebih lanjut, ia berharap bahwa AHM Best Student dapat memicu munculnya ide-ide kreatif dari generasi muda, serta melahirkan calon pemimpin masa depan yang cerdas dan peka terhadap isu-isu terkini.

Setelah melalui proses seleksi, AHM menetapkan Rafila Anindya Ahmad dari Madrasah Aliyah Negeri 4 Jakarta sebagai juara kategori ide, dengan inovasinya dalam bidang keamanan transaksi keuangan menggunakan QR Code. Sementara itu, Raditya Syarifatur Riyad dari SMA Laboratorium UM, Malang, Jawa Timur, meraih gelar juara kategori inovasi dengan alat penjernih air tenaga surya.

"Terima kasih atas apresiasi yang diberikan untuk karya yang saya kembangkan. AHMBS adalah ajang yang tepat untuk menunjukkan karya-karya inovasi para pelajar," ungkap Raditya.

Sebanyak 742 karya dari 390 sekolah di 27 provinsi telah berpartisipasi dalam kompetisi ini. Seleksi dilakukan secara bertahap di tingkat provinsi hingga terpilih 20 karya siswa terbaik yang berhak mengikuti tahapan Grand Final pada 31 Oktober 2023 lalu.

Ajang kompetisi ide dan kreativitas yang bergengsi ini didukung oleh Yayasan Astra Honda Motor melalui beasiswa dengan total hadiah sebesar Rp104.500.000 juta untuk 20 finalis, serta penghargaan khusus bagi Guru Pembimbing mereka. Astra Polytechnic juga menyiapkan beasiswa kuliah khusus bagi pemenang Kategori Inovasi, mencakup biaya kuliah dan dukungan biaya hidup selama 3 tahun senilai total Rp129 juta, serta beasiswa vokasi senilai 9 juta bagi pemenang Kategori Perak.