Lebih Cepat, Volkswagen Hentikan Penjualan Kendaraan ICE di Norwegia Mulai 2024
ID.3. (Dok. Volkwagen)

Bagikan:

JAKARTA - Volkswagen akan berhenti menjual kendaraan berbahan bakar bensin mulai tahun 2024 di Norwegia, dan akan beralih sepenuhnya ke kendaraan listrik.

Dikutip dari Carscroops, 26 Oktober, kabar tersebut disampaikan langsung oleh Møller Mobility Group, yang menjadi pemasok mobil dari Volkswagen untuk pasar lokal.

Importir tersebut mengungkapkan bahwa mereka akan berhenti menerima pesanan mobil penumpang bertenaga pembakaran di Norwegia pada bulan Desember. Belum jelas apakah langkah ini akan mencakup kendaraan komersial VW, tetapi tampaknya hal tersebut tidak akan terjadi.

Seperti diketahui Norwegia salah satu negara yang memang sangat konsen terhadap transisi ini. Bahkan, kendaraan baterai-listrik dan hybrid plug-in menyumbang 93 persen dari seluruh penjualan mobil penumpang baru pada bulan September, dengan BEV merupakan mayoritas penjualan.

Sementara itu, VW sendiri telah menjual 102.000 BEV di Norwegia selama 10 tahun terakhir. Untuk catatan tahun ini, VW ID.4 mencatatkan 5.832 unit, BEV populer lainnya yang ditawarkan VW di Norwegia termasuk ID.3 dengan penjualan 2.788 tahun ini

Importir VW di negara tersebut telah bersiap untuk beralih ke jajaran produk EV saja selama beberapa waktu. Faktanya, tiga tahun yang lalu pemerintah Norwegia mengusulkan untuk menghapuskan semua model ICE secara bertahap pada tahun 2023.

Hal yang mendorong pertumbuhan permintaan kendaraan listrik di Norwegia adalah diberikannya insentif, seperti bebas pajak.