Dapat Suntikan Dana Segar, Aston Martin Kembangkan EV dengan Penggerak Roda Depan
Valhalla PHEV. (Dok. Aston Martin)

Bagikan:

JAKARTA- Aston Martin tak mau ketinggalan dalam transisi elektrifikasi atau mobil listrik secara global. Kini, jenama asal Inggris tersebut mulai mengembangkan arsitektur EV modular 800 volt yang akan dilengkapi dengan penggerak roda depan.

Hal ini dilakukan sebagai upaya mengubah line up kendaraan menjadi serba listrik pada tahun 2030 mendatang. Pada kesempatan ini, merek mobil mewah ini mendapatkan pendanaan sekitar 11 juta dolar AS, atau kisaran 150 triliun, dari pemerintah Inggris melalui Advanced Propulsion Centre (APC) untuk mengembangkan platform mobil listrik modular khusus.

Dengan angka yang fantastis itu jenama asal Inggris ini akan melakukan kolaborasi dengan enam mitra guna mengembangkan hal teknis hingga menciptakan baterai yang ringan, dikutip dari laman Hindustan Times, Rabu, 10 Oktober.

Nantinya, hasil proyek tersebut akan digunakan sebagai dasar dari berbagai jenis mobil dari Aston Martin, mulai dari supercar hingga model SUV.

Seperti diketahui, komitmen Aston Martin ini sudah digaungkan beberapa tahun ke belakang, di mana perusahaan juga sedang membuat berbagai power train telektifikasi termasuk hybrid.

Bahkan, klaim pabrikan pada tahun 2026 seluruh jajaran mobil yang ada memiliki opsi power train terelektrifikasi, dan yang pertama yang akan meluncur yaitu Valhalla PHEV pada 2024 mendatang.