Perawatan Setelah Membeli Mobil Bekas: Segera Lakukan Beberapa Hal Ini Sebelum Menyesal Nantinya!
Ilustrasi. (Dok. Ist)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Melunasi pembayaran mobil bekas, masih belum jaminan jika urusan jual beli mobil selesai seratus persen. Umumnya masih terdapat sebagian perihal yang mesti dikerjakan oleh pembeli supaya mobil betul- betul siap pakai serta aman digunakan. Pingin tahu perawatan setelah membeli mobil bekas lebih lanjut? Yuk simak di mari!

Sebab seperti itu pembeli mobil bekas wajib senantiasa sediakan beberapa dana cadangan yang besarnya menyesuaikan dengan keadaan mobil. Belanjakan dana ini sesuai prioritasnya.

Berikut ini beberapa perihal yang wajib dilakukan sehabis Kalian membeli mobil bekas:

Perawatan Setelah Membeli Mobil Bekas

Bersihkan Eksterior serta Interior Mobil

Kemungkinan besar, mobil bekas yang Kalian pilih serta beli sudah dibikin sewangi serta sebersih mungkin oleh diler ataupun orang penjualnya. Walaupun begitu, demi kenyamanan dan kesehatan diri sendiri dan keluarga, hendaknya bersihkan eksterior ataupun interior mobil supaya sisa kuman, virus, kotoran, ataupun bakteri dapat lenyap.

Dahulu bisa jadi poin ini dianggap remeh. Tetapi, semenjak pandemi Covid- 19 masuk Indonesia pada Maret 2020 sampai detik ini, kasus kebersihan mobil, rumah, ataupun beberapa barang di dekat Kalian jadi isu yang sangat vital.

Ganti Segala Macam Oli serta Cairan

Oli, pelumas, serta cairan- cairan di dalam mobil amat berarti buat menunjang kelancaran kinerja bermacam komponen vital dari kendaraan. Khususnya jika kita bicara area mesin, rem, radiator, juga transmisi.

Oleh karenanya, hendaknya lekas mengganti oli mesin, oli rem, cairan pendingin( coolant) radiator, oli perseneling, juga oli gardan mobil bekas yang Kalian beli saat sebelum mengemudikannya.

Soalnya, kita tidak tahu tentu kapan terakhir kali kendaraan digunakan. Oli yang lama tidak bersirkulasi dapat menurun kualitasnya, serta jika oli lama tidak diganti.

Cek Bagian Roda serta Kaki-kaki

Kadangkala kala, mobil bekas mempunyai isu pada kaki- kaki. Terlebih jika unit yang dibeli telah berumur relatif tua.

Ini normal sebab kaki- kaki ialah bagian yang amat terdampak oleh benturan- benturan antara roda dengan permukaan jalan. Jangan lupakan pula jika keadaan permukaan jalan di jalan non- tol atau bahkan tol di Indonesia sering berlubang dengan dimensi serta kedalaman beranekaragam.

Makanya, usai membeli mobil bekas, jangan lupa pula periksakan berbagai bagian dari kaki- kaki misalnya shockbreaker, tie rod, ball joint, bushing, bearing di bengkel kepercayaan Kalian.

Yakinkan pula keadaan sistem peredaman benturan di kaki- kaki masih baik.

Lakukan Spooring serta Balancing

Bagian kaki- kaki serta ban mobil bekas yang Kalian beli pula membutuhkan perawatan bernama spooring dan balancing.

Singkatnya, spooring dapat dimaksud selaku pelurusan kembali roda- roda. Ada pula balancing yakni membetulkan putaran roda supaya tidak bergoyang serta menimbulkan getaran pada setir.

Kedua perihal tersebut jadi makin berarti, sebab keadaan jalan tidak rata ataupun berlubang yang nyaris sering ditemukan kala mengemudi di Indonesia.

Ubah Semua Filter pada Mobil

Tidak hanya oli serta pelumas, seluruh komponen penyaring( filter) mobil bekas yang Kalian beli juga amat dianjurkan buat diganti. Misalnya saja filter oli, filter bahan bakar, filter udara, filter kabin.

Sebabnya, Kalian tidak tahu tentu kapan terakhir kali semua filter tersebut diganti. Sementara itu, guna filter- filter ini lumayan penting, yaitu 'menangkap’ seluruh kotoran yang terdapat di udara, bahan bakar, oli, supaya tidak membatasi kinerja di ruang bakar, ruang pacu, serta lain- lain.

Mutasi dan/ atau Balik Nama Surat-surat Kendaraan

Membeli mobil bekas dengan surat- surat yang lengkap merupakan suatu keharusan. Bila tidak, Kalian dapat bermasalah dengan hukum ke depannya serta pasti saja itu bakal merugikan.

Sehabis membeli mobil bekas, Kalian masih butuh mengurus balik nama Buku Pemilik Kendaraan Bermotor( BPKB) serta Surat Tanda Nomor Kendaraan( STNK). Ini penting demi kemudahan pembayaran pajak tahunan ataupun 5 tahunan dari kendaraan Kalian selama penggunaan.

Jika Kalian membeli mobil bekas di luar wilayah domisili, urus dahulu mutasi surat- surat kendaraan, saat sebelum balik nama kendaraan.

Jadi setelah mengetahui perawatan setelah membeli mobil bekas, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!