Bagikan:

JAKARTA - MAKA Motors, sebagai perusahaan startup motor listrik, ikut meramaikan industri kendaraan listrik di Indonesia dengan mengumumkan pendanaan awal dari sejumlah investor terkemuka, termasuk AC Ventures, East Ventures, dan SV Investment dari Korea Selatan.

Pendanaan awal itu berhasil mengumpulkan dana sebesar 37,6 juta dolar AS atau sekitar Rp563 miliar. Jumlah ini merupakan salah satu investasi terbesar di wilayah Asia Tenggara untuk perusahaan startup perangkat keras.

Investor strategis lainnya, seperti Northstar Group, Provident, AlfaCorp, Skystar Capital, Peak XV Partners, Openspace Ventures, Shinhan Venture Investment, BEENEXT, Kinesys Group, dan M Venture Partners (MVP), juga turut berpartisipasi dalam putaran pendanaan ini.

Raditya Wibowo, pendiri sekaligus CEO MAKA Motors, menyatakan bahwa perusahaan mereka melakukan riset dan pengembangan (R&D) secara in-house dan lokal, hal ini memungkinkan mereka untuk mengatasi masalah efisiensi biaya dalam menghadirkan produk inovatif bagi masyarakat.

"Pendanaan ini tidak hanya memvalidasi visi kami, tetapi juga mempercepat misi kami untuk melebihi harapan para pengendara Indonesia dengan sepeda motor listrik kami," ujar Wibowo dalam keterangan resminya, Kamis, 20 Juli.

Sementara itu, Arief Fadillah, Wakil Pendiri dan Kepala Teknologi MAKA Motors, menyatakan bahwa perusahaan ini merekrut orang-orang terbaik dengan pengalaman kerja di perusahaan-perusahaan global, baik dalam maupun luar negeri, untuk memproduksi kendaraan unggulan.

"Selain menciptakan motor listrik yang unggul, kami bermimpi untuk meningkatkan kemampuan SDM Indonesia di bidang R&D dan manufaktur otomotif dengan mengajak talenta lokal kita dari seluruh dunia untuk pulang membangun bangsa melalui MAKA Motors," tambah Fadillah.

Dengan investasi ini, MAKA Motors akan memperluas dan melanjutkan operasional serta fasilitas penelitian dan pengembangan untuk mempercepat produksi sepeda motor listrik dengan teknologi mutakhir.

Pihak perusahaan berencana untuk melakukan produksi massal pertama dari model MAKA Motors tahun depan, dan saat ini mereka sedang membangun pabrik di Jawa Barat yang diharapkan akan beroperasi pada akhir tahun ini.

MAKA Motors didirikan oleh mantan petinggi Gojek, Raditya Wibowo dan Arief Fadillah. Melihat potensi pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia, mereka berkomitmen untuk membangun perusahaan ini dengan harga yang kompetitif dan performa yang menjanjikan, serta menghadirkan inovasi-inovasi baru.