Bagikan:

JAKARTA - Honda ADV Owners Community (HAVOC) hadir sebagai wadah bagi para pecinta motor Honda ADV di seluruh Indonesia. Bukan sekadar menjadi wadah sesama pencinta Honda ADV, komunitas ini juga menjadi sarana bertukar informasi dan pengalaman.

HAVOC pertama kali tercetus di wilayang Tangerang Selatan pada 18 April 2020 dengan nama awal Honda ADV Indonesia Chapter Tangerang Selatan (HAI TANGSEL). Namun demi tujuan memperluas jangkauan sebagai wadah pecinta Honda ADV senusantara, HAI TANGSEL sempat berganti nama menjadi HAN TANGSEL hingga akhirnya diputuskan berubah menjadi HAVOC.

“Supaya cakupannya tidak terbatas di wilayah Tangerang Selatan dan bisa ke seluruh penjuru Indonesia, akhirnya pada 15 November 2022 kami berganti nama menjadi HAVOC," ujar Abraham Situmorang selaku Ketua Umum HAVOC dalam keterangan.

HAVOC hadir bukan cuma menjadi perkumpulan sesama pencinta dan pengguna Honda ADV, sebagai wadah komunitas mereka juga kerap menggelar beragam agenda untuk para anggota hingga turun langsung dalam aksi sosial.

"Bahkan, ada member kami yang telah melakukan perjalanan sampai 0 kilometer Sape di Nusa Tenggara Barat (NTB)," beber Abraham membagikan cerita.

3
Selain berkendara bersama, HAVOC juga sarana bertukar informasi dan pengalaman. (Dok. Ist)

Selain turun langsung dalam kegiatan sosial dan menggelar beragam agenda kebersamaan untuk para anggota, HAVOC juga sekaligus jadi tempat bertukar informasi dalam hal modifikasi. Para riders bebas mengekspresikan dan memberikan pengalaman ke sesama anggota dalam meng-upgrade Honda ADV mereka mulai dari modifikasi kecepatan, tampilan, sampai kenyamanan dalam berkendara.

3
Salah satu agenda kebersamaan bagi anggota, berkendara bersama keluarga. (Dok. Ist)

Perihal modifikasi, Honda ADV jenis 150 CBS yang ditunggangi Abe sapaan akrab Abraham juga tidak lepas dari sentuhan kreatif sang pemilik. Ia bahkan memodifikasi hampir seluruh bagian motornya.

Dari sisi penerangan Abe memutuskan mengganti lampu kabut menggunakan Gold Runway & PIAA, Crashbar menggunakan Agna, begitu juga dengan headlamp yang tak luput dari modifikasi memakai Projie.

Untuk top box dan side box, Abe mempercayakan bagian ini pada Givi Trekker. Sementara Brembo jadi pilihan tepat bagi Abe untuk mengisi bagian master rem kiri dan kanan, kaliper rem depan dan belakang juga tabung rem.

Shock breaker belakang menggunakan Ohlins, Knalpot menggunakan Akrapovic, cover body samping kiri serta kanan di custom airbrushed, dan 80 persen cover body dan body parts sudah karbon kevlar," jelas Abe.

Dengan tampilan gahar namun tetap mempertahankan kenyamanan dan keselamatan, pilihan Abe dalam memodifikasi Honda ADV kesayangan bisa jadi inspirasi para pengguna tunggangan yang sama.