Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini, Honda memperkenalkan penyegaran dari sepeda motor X-ADV untuk pasar Eropa setelah menandai debutnya pada 2017 lalu.

Mengedepankan perpaduan antara kemampuan sepeda motor petualangan dengan kepraktisan skuter besar, motor ini memiliki sejumlah perubahan mencakup eksterior hingga teknologi terdepan.

Melansir laman Honda Europe, Rabu, 25 September, pabrikan dari Jepang ini mendesain ulang X-ADV pada bagian bodywork dengan tampilan lebih tajam dan agresif, menciptakan fairing baru yang terinspirasi dari lipatan kertas origami.

Kemudian, motor dengan model 2025 ini memiliki lampu depan dengan ciri khas premium diperkuat dengan LED ganda yang dirancang ulang dan untuk pertama kalinya, X-ADV memiliki pencahayaan Daytime Running Lights (DRL).

Motor skuter berdimensi besar ini juga dilengkapi dengan teknologi seperti layar TFT full-color 5 inci yang telah direvisi dengan desain grafis, menu, dan fungsionalitas baru yang dioperasikan melalui sakelar empat arah.

Bagian ini telah dirancang untuk keterbacaan optimal pada hari cerah dan juga dilengkapi konektivitas Honda RoadSync, memungkinkan integrasi tanpa batas dengan ponsel canggih.

Fitur canggih lainnya yang disediakan ialah Cruise Control yang berguna dalam perjalanan jalan raya lebih lama sehingga meningkatkan kepraktisan dan kenyamanan lebih lanjut.

Hal menarik lainnya pada X-ADV 2025 ialah terdapat 25 buah bodywork yang terbuat dari material ramah lingkungan seperti plastic daur ulang dan biomassa. Honda mengklaim penggunaan beberapa bahan tersebut adalah yang pertama kalinya dalam sejarah merek.

Bahan daur ulang dari bumper mobil Honda digunakan untuk kotak bagasi dan bagian bawah jok. Kemudian, material polipropilena daur ulang digunakan untuk penutup dan panel di seluruh sepeda motor.

Lebih lanjut, plastic biomassa Durabio digunakan pada penutup side skirt dan kaca depan. Ini memiliki manfaat tambahan yakni menghindari emisi CO2 yang terkait dengan proses pengecatan konvensional.

5

Motor ini dibangun dengan sasis rangka baja tubular yang kokoh serta garpu depan USD 41 mm dan monoshock Pro-Link belakang yang dipasang ke swingarm aluminium.

X-ADV terbaru dibekali dengan pelek 17 inci di depan dan 15 inci di belakang yang menutupi sistem pengereman kaliper empat piston ganda yang dipasang secara radial dengan cakram mengambang 296 mm di depan dengan kaliper mono-piston dan cakram tunggal 240 mm di belakang.

Menenagai motor ini ialah mesin 745 cc parallel-twin seperti sebelumnya dengan tenaga mencapai 43,1 kW dan torsi 69 Nm. Ini juga menawarkan efisiensi bahan bakar hingga 3,6 l/100 km.

Kemudian, Honda merancang kembali dual-clutch transmission (DCT) pada X-ADV yang menawarkan tarikan lebih mulus dan meningkatkan kendali pada kecepatan di bawah 10 km/jam.

Motor tersebut ditawarkan dengan berbagai warna terbaru, yakni Graphite Black, Pearl Glare White, dan Matte Deep Mud Grey. Honda juga hadirkan Special Edition X-ADV dengan warna Gold Finch Yellow menampilkan grafis dual-tone yang mewah.

Sayangnya, Honda belum mengungkapkan harga dan tanggal penjualan dari model yang diperbarui ini. Namun, diharapkan X-ADV 2025 akan dibuka pemesanan pada akhir tahun ini.