Ketum PSSI Rangkap Jabatan Jadi Manajer Timnas Indonesia, Lapornya ke Siapa?
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan, mengatakan, akan terjun langsung memantau persiapan timnas U-19 Indonesia menuju Piala Dunia U-20 2021. Bahkan, dia kemungkinan bakal menjadi manajer timnas Indonesia U-19. 

Seperti diketahui, PSSI mendapat tugas berat dari Presiden Joko Widodo. Orang nomor satu di Indonesia itu berharap timnas Indonesia tak hanya jadi penggembira di Piala Dunia U-20 mendatang. Untuk itu, Iriawan merasa perlu untuk terus mengawal prestasi skuat Garuda Muda.

"Sementara ini, saya sebagai Ketua Bidang Prestasi sekaligus kemungkinan juga jadi manajer," ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule itu kepada sejumlah media.

Langkah ini diambil agar Iriawan bisa turun langsung memperhatikan dan melihat perkembangan semua pemain. Dia juga ingin memberikan motivasi langsung kepada para pemain agar kian terpacu meraih hasil terbaik pada ajang Piala Dunia U-20.

Namun, keputusan Ketum PSSI ini menimbulkan tanda tanya. Pasalnya, sejak Maret 2020, posisi penanggung jawab timnas Indonesia dipegang Waketum PSSI, Cucu Somantri. Belakangan, nama Cucu memang jarang terdengar sejak tak lagi menjabat Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru.

Selain itu, sebagai manajer timnas Indonesia, Iriawan akan bertanggung jawab dan memberikan laporan kepada Ketua Umum PSSI, posisi yang didudukinya saat ini. Tentunya keputusan mantan Kapolda Metro Jaya ini bisa menimbulkan polemik, meski tak ada aturan tertulis yang melarang hal tersebut.

Jadi, Iwan Bule mengangkat dirinya sendiri sebagai manajer timnas dan akan memberi laporan kepada dirinya juga selaku Ketum PSSI? Lucu juga, ya...