Misi Shin Tae-yong Bawa Timnas U-19 TC di Korea Selatan
Pelatih Kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memenuhi permintaan Shin Tae-yong untuk menggelar pemusatan latihan (TC) timnas U-19 Indonesia di Korea Selatan (Korsel). Para pemain beserta jajaran pelatih akan berangkat ke Negeri Gingseng pada Agustus mendatang.

Selain menggelar latihan di Jeonhun, timnas Indonesia juga dijadwalkan melakoni laga uji coba. Sejumlah klub lokal bakal jadi lawan tanding Sutan Zico dan kawan kawan.

Belum diketahui pasti berapa pemain yang akan dibawa ke Korsel. Kabarnya, kemungkinan ada 30 pemain yang diboyong Shin ke negara asalnya. Saat ini, ada 46 pemain yang mengikuti TC di Jakarta mulai 23 Juli hingga 8 Agustus mendatang.

Shin begitu ngotot untuk menggelar TC di Korsel karena mendapat target berat dari PSSI. Eks pelatih timnas Korea Selatan itu diharapkan mampu membawa timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang. Sebagai tuan rumah, skuat Garuda dapat target minimal menembus 16 besar.

"Apa yang saya inginkan adalah membawa timnas Indonesia mencapai level itu," ujar Shin.

Namun, pelatih berusia 51 tahun tersebut saat ini sudah berada di Jakarta. Shin hadir bersama empat koleganya di staf kepelatihan timnas yaitu Kim Hae-woon, Kim Woo-jae, Lee Jae-hong serta Gong Oh-kyun. Mereka  bakal memimpin latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

"Kami akan membawa timnas U-19 dan senior latihan bersama pada 24 Juli," ujar Shin.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, pihaknya akan terus mendukung program latihan Shin Tae-yong, termasuk menggelar TC di Korsel. Hal senada juga disampaikan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga, yang siap membiayai TC ini.