Awas! Ronaldo dan Messi Punya Saingan dari India: Sunil Chhetri, Pencetak Gol Terbanyak Ketiga di Level Internasional
Sunil Chhetri (Instagram @chetri_sunil11)

Bagikan:

JAKARTA - Pada Minggu kemarin, striker India Sunil Chhetri (37) membuat sejarah dengan menyamai jumlah gol internasional Pele. Dia hanya berada di belakang Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dalam daftar pencetak gol internasional yang masih aktif.

Gol kemenangan Chhetri melawan Nepal adalah golnya yang ke-77 untuk India. Ini membuatnya sejajar dengan Pele dalam daftar pencetak gol sepanjang masa dan pemain UEA Ali Mabkhout dalam daftar pemain aktif.
Di depan Chhetri dan Mabkhout adalah Messi (80) dan Ronaldo (115).

Messi baru-baru ini menjadi top scorer internasional sepanjang masa Amerika Selatan setelah mencetak gol ke gawang Uruguay dalam kualifikasi Piala Dunia 2022. Tetapi, Chhetri hanya tertinggal tiga gol dari La Pulga dan bukan tidak mungkin bisa menyalip kapten Argentina.

Namun, Chhetri akan sangat bekerja keras untuk menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa AFC. Ya, dia harus melampaui jumlah 109 gol milik legenda Iran, Ali Daei.

Bekas striker Bayern Munich itu sendiri kini berada di urutan kedua dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa dunia setelah jumlah bolanya dilampaui Ronaldo dengan 115 gol.

Chhetri, yang saat ini bermain untuk Bengaluru di Liga Super India,  menghabiskan sebagian besar kariernya di negara asalnya. Dia pernah menjalani karier singkat di Kansas City Wizards dengan torehan satu penampilan dan kemudian di tim B klub Portugal, Sporting CP.

Pemain berusia 37 tahun itu merupakan pemegang rekor pencetak gol terbanyak India di level internasional. Jumlah gol pesaing terdekatnya berjumlah lebih dari setengah koleksi gol Chhetri.