Emiliano Martinez, Si Ahli Intimidasi Adu Penalti
Emiliano Martinez (Instagram @emi_martinez26)

Bagikan:

JAKARTA - Ketika Bruno Fernandes gagal mengeksekusi penalti ke gawang Aston Villa yang dijaga Emiliano Martinez, kita semua memahami bahwa penjaga gawang Argentina itu adalah master dari seni khusus ini.

Entah itu permainan pikiran, gangguan, penundaan, olok-olok atau konfrontasi, penjaga gawang selama bertahun-tahun telah mencoba untuk menunda pengambil penalti dengan satu atau lain cara dan, secara statistik, itu berhasil.

Atau setidaknya, itu memberi kiper kesempatan yang lebih baik. Penelitian menunjukkan, teknik pengalih perhatian, misalnya, dapat membuat 10 persen lebih mungkin pemain akan gagal.

Ada beberapa contoh ikonik dalam sejarah sepak bola, seperti Bruce Grobbelaar untuk Liverpool saat melawan Roma di final Piala Eropa 1984. Atau Jerzy Dudek, juga untuk The Reds, kali ini melawan Milan di final 2005.

Kiper melakukan ini karena berhasil dan bahkan jika tidak, patut dicoba. Dengan tembakan tanpa gangguan dan tanpa hambatan dari jarak 12 yard, sebagian besar pengambil tendangan penalti akan mencetak gol hampir sepanjang waktu.

Jadi, tidak mengherankan jika para penjaga gawang sering menggunakan beberapa taktik yang tidak biasa. Emi Martinez telah membuktikan dirinya sebagai master di bidang ini.

Sebut saja permainan pikiran, intimidasi, gangguan, atau apa pun yang Anda suka, tetapi kiper berusia 29 tahun ini telah menggunakan strategi ini dengan baik.

Di semifinal Copa America tahun ini, Martinez jelas terlihat dan terdengar memberi komentar kepada para pengambil penalti Kolombia, seperti memberi tahu mereka bahwa dia tahu mereka gugup atau bahwa dia tahu di mana mereka akan menempatkannya. Tiga di antaranya meleset, Argentina melaju ke final.

Kemudian, akhir pekan lalu, kita melihat penjaga gawang bertinggi badan 1,93 meter itu melakukannya lagi dengan teknik yang sangat baru. Dia tidak secara langsung mencoba untuk menghadapi atau menunda Bruno Fernandes, tetapi dia berhasil dengan mengarahkan kata-katanya pada rekan setimnya Cristiano Ronaldo.

Dengan tegas mengatakan bahwa Ronaldo harus mengambil tendangan itu, Martinez menumpuk tekanan pada Fernandes, serta mungkin menimbulkan keraguan diri. Gelandang asal Portugal itu gagal untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu tahun, tendangannya melewati mistar dengan cara yang benar-benar tidak biasa.

Bukti lebih lanjut bahwa mantan kiper Arsenal Martinez tahu apa yang dia lakukan ada dalam catatannya. Dia telah menyelamatkan 28 persen dari penalti yang dia hadapi (tidak termasuk adu penalti) sepanjang kariernya.

Sebagai perbandingan, David De Gea dari Manchester United telah menyelamatkan 18 persen dari penalti yang dihadapinya.

Tidak semua orang menyukai trik yang dilakukan Martinez. Salah satunya Ole Gunnar Solskjaer, pelatih Setan Merah. Namun, Anda tidak bisa menyalahkan para penjaga gawang dan kreativitas kiper Argentina ini harus diakui.