KONI Bocorkan Kesiapan <i>Venue</i> 37 Cabor PON XX Papua, Hampir Rampung 100 Persen
Ketua KONI Pusat, Marciano Norman (Foto:VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, mengatakan kesiapan venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang dilaksanakan di 4 daerah sudah hampir 100 persen.

"Di Papua nanti kita akan melaksanakan pertandingan di 4 latar yaitu Kabupaten Mimika, Kabupaten Merauke Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura," ujar Marciano dalam konferensi pers secara daring, Jumat, 10 September.

Marciano melanjutkan, penyebaran venue di Kabupaten Mimika ada 9 venue, untuk 9 cabang olahraga dan 12 disiplin. Sedangkan di Kabupaten Merauke ada 5 venue, dengan 6 cabang olahraga dan 6 disiplin.

Kemudian, di Kabupaten Jayapura ada 14 venue, dengan 14 cabang olahraga dan 21 disiplin. Serta Kota Jayapura sendiri terbanyak yakni 16 venue, dengan 16 cabang olahraga dan 22 disiplin.

"Untuk kesiapan venue secara umum, kondisi terakhir yang kita dapatkan untuk Kota Jayapura yang 100 persen sudah 13 venue, yang 3 masih proses pekerjaan terakhir. Dan yang paling belakang adalah venue yang masih memerlukan perhatian, yaitu penyelesaian akhir terkait juga kedatangan peralatan yang masih kita tunggu," jelasnya.

Kabupaten Jayapura sendiri, sambung Marciano, ada 2 venue yang masih dalam proses pekerjaan, paling akhir adalah venue Rugby.

"Venue ini kondisinya masih 50 persen, bulan ini kita harapkan selesai karena Rugby juga pertandingan yang termasuk terakhir. Baru akan mulai rangkaian pertandingan pada 10 Oktober dan akan selesai pada 13 Oktober. Oleh karenanya saya yakin selesai dengan baik," kata Marciano.

Sementara, untuk Kabupaten Mimika masih ada 3 venue yang dalam proses perbaikan penyesuaian, khususnya untuk olahraga terjun payung dan juga olahraga olahraga yang terkait PON.

"Sedangkan, untuk Merauke ada 5 venue yang seluruhnya sudah selesai 100 persen," katanya.

Di samping itu, tambah Marciano, PON XX Papua mempertandingkan 37 cabang olahraga, 56 disiplin dan 681 nomor pertandingan dan akan memperebutkan dan 2.239 medali.

"Atlet yang akan berangkat, ada 7.039 atlet, kuota ofisial 50 persennya jadi ada 3.519. Ada technical delegate 60 orang, wasit luar negeri 34 orang, wasit nasional 1.847 orang, dan ketua Panpel 53 orang," paparnya.

Selain itu, kata Marciano, ada 11 cabang olahraga eksibisi. Yaitu cabor yang baru menjadi anggota KONI, antara lain di Kabupaten Jayapura adalah e-sport, aikido dan modern pentathon. Sementara di Kota Jayapura, yakni cabor kabaddi, kickboxing, kurash, sambo, selancar ombak dan triathlon.

"Untuk di Kabupaten Mimika ada jujitsu, dan di Merauke ada aero sport. Dan kondisi venue sudah siap untuk melaksanakan kegiatan itu," pungkas Marciano.