Sejarah Tercipta, La Masia Sambut Pemain Wanita
Presiden Barcelona Joan Laporta bersama pesepak bola wanita muda ke akademi La Masia (Foto: fcbarcelona.com)

Bagikan:

JAKARTA - Untuk pertama kalinya, akademi terkenal FC Barcelona - La Masia - menyambut pemain wanita. Barcelona telah memiliki program pelatihan untuk pesepak bola wanita muda di masa lalu, tetapi tidak di La Masia, tempat anak laki-laki berlatih.

Pada acara yang dihadiri oleh petinggi Barcelona, ​​​​termasuk presiden klub Joan Laporta, klub secara resmi menyambut sekelompok pesepak bola wanita muda ke akademi mereka.

Lolita Ortiz, mantan kapten dan salah satu pelopor tim Barça Women - Alexi Putellas, kapten Barça Women saat ini, dan Alba Caño, salah satu murid baru yang bergabung dengan La Masia, juga hadir.

Presiden Barcelona Joan Laporta secara resmi menyambut sekelompok pesepak bola wanita muda ke akademi mereka (Foto: fcbarcelona.com)

“Kondisi di mana mereka bisa bekerja sekarang sangat mewah. Ketika kami mulai, sangat berbeda,” kata Ortiz di acara tersebut dilansir dari laman resmi klub.

“Di La Masia, mereka tidak hanya mengembangkan pesepak bola tetapi juga manusia. Barca mengambil langkah tegas menuju kesetaraan. Semua langkah itu penting dan mereka membuat 'Lebih dari Sebuah Klub' menjadi lebih hebat - kami adalah contoh untuk diikuti dan merupakan suatu kehormatan mengenakan seragam ini," kata Putellas.

“Kami ingin berterima kasih kepada Direksi karena mendengarkan proposal baru dan mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan alat yang kami miliki untuk dapat bekerja dengan cara terbaik,” tambahnya.

Caño, yang berusia 17 tahun, juga berbicara.

“Saya bangga menjadi bagian dari generasi wanita pertama di La Masia, dan ini adalah langkah besar bagi sepak bola wanita di klub ini. Kami merasa istimewa dan kami ingin berterima kasih kepada semua orang yang telah memungkinkannya,” katanya.

Laporta hadir untuk sekali lagi menyatakan komitmennya terhadap sepak bola wanita.

“Merupakan momen yang membanggakan untuk terlibat dengan Barca pada hari seperti hari ini di mana kita dapat menyaksikan para penduduk berkumpul pada kesempatan bersejarah ini. Klub telah membuka pintu kesetaraan gender, yang sepenuhnya terkait dengan 'Lebih dari sekadar Klub', dan kami harus selalu setia pada gagasan itu," katanya.

Sembilan gadis akan bergabung dengan La Masia tahun ini di mana mereka berharap untuk masuk ke tim wanita Barcelona.