Kurang Konsentrasi pada Menit Akhir, Barito Putra Takluk 0-1 dari Persib
Gelandang Persib Marc Klok, membawa Maung Bandung unggul 1-0 atas Barito Putra. (foto: dok. antara)

Bagikan:

JAKARTA – Kurangnya konsentrasi para pemain Barito Putra pada menit-menit krusial akhir pertandingan menjadi malapetaka. Gol gelandang Persib, Marc Klok pada menit 86 membuat tim asuhan Djadjang Nurdjaman itu takluk 0-1 dari Maung Bandung.

"Kami kehilangan fokus pada 10 menit terakhir, momen yang saya sebut 'danger time'," ujar Djadjang dalam konferensi pers virtual pascalaga yang diikuti di Jakarta.

Gol tunggal pemain asal Belanda, di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Sabtu, 4 September membuat ambisi Barito yang bermain rapi sejak babak pertama gagal meraih poin.

Gol Klok sendiri tercipta melalui tendangan bebas pada menit ke-86. Ia menyepak dari sisi kanan pertahanan Barito Putera, bola melayang lalu masuk ke dalam gawang tanpa bisa diantisipasi oleh kiper maupun pemain "Laskar Antasari" yang berkerumun di kotak penalti.

Menurut Djadjang, gol itu sebenarnya bisa saja dihindarkan andai pemainnya waspada. Sebab, kemungkinan Persib membuat gol via "set piece" sudah diperkirakan dan diperhitungkan dalam latihan.

"Kami sudah mengantisipasi potensi gol dari set piece ini. Namun, ketika itu terjadi, semua pemain sepertinya membiarkan saja bola masuk. Penjaga gawang kami, Muhammad Riyandi juga kurang jeli melihat alur datangnya bola," tutur dia.

Kapten Barito Putera Rizky Pora juga menyadari kelemahan dia dan rekan-rekannya di lapangan.

Meski begitu, Rizky tak ingin larut dalam kekecewaan. Dia bertekad memperbaiki diri agar lebih baik saat menghadapi laga-laga berikutnya.

"Kami memang harus meningkatkan konsentrasi. Setelah ini tentu akan ada evaluasi. Masih banyak pertandingan ke depan," kata pesepak bola asal Ternate itu.

Sementara Pelatih Persib Robert Rene Alberts memuji debut duet gelandang Marc Klok dan Mohammed Rashid dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia 2021-2022.

"Mereka tampil solid dan mampu menjaga jarak dengan baik," ujar Robert dalam konferensi pers pascalaga virtual Sabtu malam.

Menurut pelatih asal Belanda tersebut, permainan kompak Klok dan Rashid membuat Barito Putera kesulitan menembus lini tengah.

"Barito jadi memvariasikan serangan tanpa melewati lini tengah. Mereka menyerang cepat darj sayap," tutur dia.

Klok dan Rashid baru bergabung ke Persib pada pertengahan tahun 2021. Meski demikian, mereka mampu bekerja sama dengan baik dalam partai versus Barito Putera.

Kekalahan dari Persib membuat Barito Putera menduduki posisi ke-15 klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2021-2022. Adapun Persib kini menghuni peringkat keenam dengan koleksi tiga poin..