Ronaldo Bisa Pakai 2 Nomor Berbeda di Manchester United Musim Ini, Begini Teorinya
Cristiano Ronaldo (Instagram @cristiano)

Bagikan:

JAKARTA - Kepulangan Cristiano Ronaldo ke Manchester United secara resmi dikonfirmasi pada Jumat pekan lalu. Namun, bintang Portugal itu akan menemui masalah terkait nomor punggung di Old Trafford.

Seragam nomor 7 Ronaldo yang ikonik tidak tersedia. Karena penyerang asal Uruguay, Edinson Cavani saat ini menggunakan nomor tersebut.

Peraturan yang berlaku di Liga Premier menyebut sangat tidak mungkin Ronaldo mengambil alih kaus dari Cavani untuk pertandingan liga.

Aturan tersebut menyatakan, pemain harus mempertahankan nomor yang sama seperti yang mereka daftarkan, kecuali mereka meninggalkan klub atau diberikan 'dispensasi khusus'.

Perlu digarisbawahi, 'dispensasi khusus' itu belum pernah diberikan kepada pemain manapun sebelumnya.

Kabar baiknya adalah, daftar skuat Liga Champions serta nomornya belum diajukan. Ini artinya pemain berusia 36 tahun itu bisa mengenakan kaus nomo 7 di kompetisi klub utama Eropa.

Tapi, jika kita menegok ke belakang, ini bukan pertama kalinya kapten Portugal itu tidak mengenakan jersey nomor 7.

Ketika Ronaldo tiba di Real Madrid pada 2009 dengan biaya rekor dunia saat itu sebesar 80 juta poundsterling, kaus nomor 7 tidak tersedia karena telah digunakan maskot Los Blancos, Raul Gonzales.

Ronaldo kemudian mengenakan nomor 9 selama musim debutnya bersama Los Blancos, sampai legenda Raul meninggalkan klub satu musim kemudian ke Schalke.

Ini juga bukan pertama kalinya seorang pemain Liga Inggris mengenakan dua nomor berbeda dalam satu musim. Henrikh Mkhitaryan mengenakan nomor 7 di Liga Premier untuk Arsenal dan nomor 77 di Liga Europa.

Situasi yang sama juga pernah terjadi di Old Trafford sebelumnya ketika mantan bek United Wes Brown memakai nomor 24 di liga selama musim 1998-99 dan nomor 30 di Liga Champions.

Ronaldo tentu saja dapat memilih nomor yang sama untuk kedua kompetisi – seperti yang dia lakukan di Real Madrid. Salah satu opsinya adalah nomor punggung 28, yang ia gunakan di Sporting CP.

Facundo Pellistri yang berusia 19 tahun adalah pemilik nomor tersebut saat ini. Namun, pemain muda Uruguay itu dipinjamkan ke Alaves selama satu musim.