Klopp: Juara Bersama Liverpool Luar Biasa
Jurgen Klopp (Twitter @lfc)

Bagikan:

JAKARTA - Liverpool memastikan gelar liga ke-19 mereka setelah Machester City dikalahkan Chelsea 1-2 dalam laga yang berlangsung di Stamford Bridge, Kamis, 25 Juni malam. Jurgen Klopp tidak bisa menyembunyikan kebahagian sekaligus emosinya.

Klopp mengakui tidak mudah membawa Liverpool memenangkan Liga Premier. Ia menggambarkan setiap kerja keras para pemain dan semua yang terkait dengan klub sebagai "momen luar biasa". 

Klopp menjadi manajer The Reds pertama yang memenangkan liga sejak Kenny Dalglish. Pria asal Jerman menumpahkan emosinya sesaat setelah 86 poin The Reds dipastikan tidak akan terkejar City lagi.

"Saya bisa berkata-kata - ini sulit dipercaya, lebih dari yang pernah saya kira mungkin, menjadi juara di klub ini benar-benar luar biasa," katanya kepada Sky Sports setelah menonton pertandingan City dengan para pemain dan stafnya.

"Ini momen yang luar biasa. Staf pelatih saya, saya tidak bisa lebih bangga dengan apa yang mereka lakukan dalam beberapa tahun terakhir. Ini perjalanan yang sangat menyenangkan sejak hari pertama saya tiba sampai hari ini. Ini belum berakhir.

"Tim ini menjalani beberapa tahun yang istimewa sehingga kami akan mencoba [untuk menang lagi]. Tapi malam ini kami hanya akan menikmati momen ini. Lebih dari yang saya impikan, jujur ​​saja."

Mantan bos Borussia Dortmund tiba di Anfield pada Oktober 2015 dan dia telah jatuh cinta kepada klub dan kota Liverpool. Dia bahkan merasakan apa yang dirasakan para suporter, yang menanti 30 tahun untuk melihat tim kesayangannya menjadi juara di kompetisi kasta teratas Inggris.

"Saya tidak menunggu 30 tahun, saya sudah di sini empat setengah tahun. Kami tidak benar-benar memiliki kesempatan (juara) sebelumnya, tahun lalu adalah pertama kalinya (namun kalah dari CIty)," lanjut Klopp.

"Pokoknya, ini melegakan setelah gangguan (lockdown) tiga bulan. Tidak ada yang tahu bagaimana liga akan berlangsung dan kemudian Anda tidak tahu 100 persen bagaimana Anda akan kembali. Setiap pertandingan di Liga Premier itu sulit. Pertandingan kemarin malam [melawan Crystal Palace] memberi saya perasaan bahwa kami akan baik-baik saja, itu penting bagi para pemain dan pendukung.

"(Trofi) ini untuk Anda (pendukung) di luar sana. Saya harap Anda tinggal di rumah, pergi ke depan rumah Anda jika Anda mau, cukup sampai di situ, rayakan itu. Kami melakukannya bersama pada saat ini. Sangat menyenangkan melakukannya untuk kalian."

Klopp juga memuji para pemainnya, menambahkan: "Ini adalah kombinasi pemain yang luar biasa. Tiga tahun yang lalu kami memainkan musim yang sangat bagus dan kalau tidak salah kami finis di urutan keempat. Jelas kami tidak memiliki konsistensi.

"Tetapi Anda tidak bisa meminta itu saja kepada pemain dan mereka memberikannya. Anda harus bekerja keras dan menciptakannya, meyakinkan orang. Itu apa yang kami lakukan bersama.

"Saya benar-benar kewalahan (menghadapi musim ini), saya tidak akan pernah berpikir bahwa saya akan merasa (bahagia) seperti ini."