Disenggol Hamilton hingga Tabrak Dinding Pembatas, Verstappen: Kecewa Disingkirkan dengan Cara Seperti Ini
Max Verstappen (Twitter @Max33Verstappen)

Bagikan:

JAKARTA - Juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton diganjar penalti tambahan 10 detik karena menyebabkan pemuncak klasemen sementara Max Verstappen kecelakaan di lap pembuka Grand Prix Inggris, Sirkuit Silverstone, Minggu. Tapi, itu tak menghalangi pebalap Inggris untuk tampil sebagai juara.

Verstappen, yang mengawali lomba dari pole berkat kemenangan di sprint race, harus mengakhiri perjuangannya di GP Inggris lebih dini karena bersenggolan dengan mobil Mercedes Hamilton di lap pembuka.

Mobil Red Bull sang pebalap Belanda kehilangan kendali setelah ban kanan belakangnya bersenggolan dengan ban depan Hamilton sehingga meluncur dengan kecepatan tinggi dan menabrak dinding pembatas tikungan Copse, salah satu tikungan tercepat di kalender.

Verstappen keluar dari mobil yang sasisnya rusak parah dan harus menjalani cek medis meski lolos dari cedera serius.

Hamilton meneruskan balapan dengan mobil yang mengalami kerusakan sebelum masuk ke pit.

Balapan harus dihentikan sementara sebelum restart setelah trek dibersihkan dan dinyatakan aman.

"Saya unggul ketika melaju di sana... itu jalur saya," kata Hamilton lewat radio.

Akan tetapi Red Bull tak sepakat dengan pendapat Hamilton, kemudian meminta race director Michael Masi untuk menyelidiki insiden tersebut dengan benar.

"Itu kecelakaan yang sangat besar dan 100 persen tikungan itu milik Max. Sejauh yang saya ketahui kesalahan penuh ada pada Hamilton, yang seharusnya tidak pernah berada di posisi itu," kata bos Red Bull, Christian Horner seperti dikutip Antara dari Reuters.

Balapan dilanjutkan. Namun di akhir lomba, Hamilton menang untuk kedelapan kalinya di Silverstone setelah mengalahkan Leclerc lewat manuver larut dua putaran menjelang finis.

Leclerc harus puas finis runner-up setelah memimpin sebagian besar lomba dengan 3,871 detik di belakang sang juara dunia tujuh kali. Sedangkan Valtteri Bottas membawa mobil Mercedes kedua ke podium pada peringkat tiga.

Dengan kemenangan itu, Hamilton mengubah defisit 33 poin dari Verstappen menjadi delapan poin saja menuju balapan ke-11 di Hungaria 1 Agustus nanti.

Setelah balapan, Verstappen berkomentar lewat Twitter.

"Lega saya baik-baik saja. Sangat kecewa disingkirkan dengan cara seperti ini. Penalti itu tidak membantu kami sama sekali dan tidak memberi keadilan kepada gerakan membahayakan yang dibuat Lewis di trek," cuit sang pebalap Belanda.

"Melihat selebrasi sembari masih di rumah sakit adalah perilaku yang kurang sopan dan tidak sportif tapi kami harus melupakan itu."