Instruksi Khabib dan  <i>Rear-naked Choke</i>, Kunci Kemenangan Makhachev
Laga utama UFC, Islam Makhachev akhirnya sukses mengalahkan Thiago Moises. (foto: twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Islam Makhachev akhirnya sukses mengalahkan Thiago Moises lewat kemenangan submission dengan teknik Rear-naked Choke di ronde keempat. Pertarungan ini menjadi laga utama dalam UFC Vegas 31 di UFC Apex, Las Vegas, Amerika Serikat, Minggu (18/7) pagi WIB, setelah, partai Max Holloway vs. Yair Rodriguez, dibatalkan.

Dalam  laga ini Khabib Nurmagomedov, diyakini memiliki andil besar atas kemenangan salah satu muridnya tersebut atas petarung  asal Brasil itu. Dari balik ring, hampir sepanjang pertandingan, mantan juara kelas ringan UFC itu memberi instruksi kepada muridnya. 

Bahkan setiap jeda antarronde, Khabib selalu memberikan instruksi mengenai taktik tepat yang harus dijalankan Makhachev. Sang murid pun tampak penuh perhatian menyimak dan akhirnya mempraktikkan strategi Khabib. 

Seperti saat jeda usai ronde pertama, Khabib menunjukkan gestur yang meminta Makhachev untuk berani melancarkan pukulan dan kemudian mengajak ke pertarungan bawah. Taktik ini langsung dijalankan Makhachev di ronde kedua. Makhachev tampak lebih banyak melakukan pukulan dan kemudian mengajak Moises ke pertarungan bawah.

Saat jeda turun minum usai ronde kedua, Khabib bahkan terlihat lebih cerewet saat memberikan instruksi kepada Makhachev. Hasilnya, Makhachev tampil lebih baik lagi pada ronde ketiga. Selanjutnya, memasuki ronde keempat, Makhachev tampil lebih ganas dan kembali mampu menguasai pertarungan. 

Sebagai pegulat yang tagguh, Makhachev tidak terburu-buru untuk membawa pertarungan ke lantai. Namun ia beberapa menguji kaki Moises dengan beberapa serangannya.  Pertandingan pun terhenti pada menit 2:38 di ronde keempat saat Makhachev mengunci lawannya dengan rear-naked choke.  

Akhirnya, berkat menjalankan instruksi jitu dari Khabib, Makhachev berhasil mengalahkan Moises lewat kemenangan submission atau kuncian pada ronde keempat.

Ini menjadi kemenangan kedelapan secara beruntun bagi sepupu Khabib tersebut. Kemenangan ini juga menambah catatan Makhachev dengan rekor 20 kemenangan dan satu kekalahan di ajang UFC selama kariernya.

Dalam acara utama pertamanya di UFC Vegas 31, atlet Rusia memang ini tampil dengan performa yang nyaris tanpa cacat. Ia terus menyerang Thiago Moises ronde demi ronde sebelum akhirnya menyelesaikan pertarungan dengan rear-naked choke. 

Secara keseluruhan Makhachev bertarung dengan bagus dalam mengendalikan jarak. Ia bahkan memaksa untuk serangan dengan kaki belakangnya sambil mempertahankan pukulan dari luar dan lutut setiap kali lawannya berusaha bangkit.

“Ini adalah pertarungan empat ronde pertama dalam hidup saya. Itulah mengapa ini adalah pengalaman yang baik bagi saya. Lawan yang tangguh. Saya mencoba menyelesaikannya di empat ronde tetapi dia sangat kuat,” kata Makhachev setelah menang kepada mmafighting.com