Menanti Lahirnya Maradona Cup yang Mempertemukan Italia dan Argentina
Argentina juara Copa America 2021 (Twitter @argentina)

Bagikan:

JAKARTA - Italia dan Argentina bisa membuat sejarah sebagai tim pertama yang bersaing dalam kompetisi baru yang namai Maradona Cup (Piala Maradona).

Sejauh ini, UEFA dan CONMEBOL masih melakukan diskusi untuk menetapkan tanggal pertandingan antara juara Eropa dan Amerika Selatan.

Menurut laporan di New York Times, pertandingan ini akan dimainkan di Stadio Diego Armando Maradona di Naples dan menjadi penghormatan kepada ikon sepak bola yang meninggal tahun lalu.

Nama Maradona juga akan diberikan pada piala yang diberikan kepada para pemenang pertandingan.

Legenda Argentina ini tentu saja memiliki ikatan yang kuat dengan kedua negara, setelah bermain di Italia selama tujuh tahun.

Rincian yang tepat dari kompetisi ini masih belum ditetapkan, demikian juga tentang frekuensi pertandingan ini.

Apakah akan menjadi penghormatan satu kali untuk Maradona atau bakal menjadi awal dari acara reguler tipe Piala Super yang menampilkan pemenang Kejuaraan Eropa dan Copa America? Semuanya masih dibahas.

Sebelumnya, kompetisi semacam ini sudah ada pada tahun 1985. Bernama  Trofi Artemio Franchi, juga diprakarsai UEFA dan CONMEBOL. Tercatat, pertandingan bergengsi antara jawara Eropa dan penguasa Amerika Selatan ini terakhir digelar pada tahun 1993.

Trofi Artemio Franchi lantas diambil alih oleh FIFA dan diubah namanya menjadi Piala Konfederasi sejak 1997.