Messi Takkan Bisa Meludah Lagi Ketika La Liga Kembali di Tengah Pandemi COVID-19
Lionel Messi (Twitter @FCBarcelonaFI)

Bagikan:

JAKARTA - Megabintang Barcelona Lionel Messi dikenal dengan teknik individunya yang ciamik. Namun, di balik itu semua ia kerap meludah di lapangan kala kesal terhadap lawan.

La Liga dikabarkan kembali pada pertengahan Juni mendatang setelah dihentikan akibat pandemi COVID-19 sejak Maret lalu. Selain akan dilangsungkan tanpa penonton, kompetisi juga harus mengikuti protokol kesehatan yang telah ditentukan pemerintah setempat.

Belum lama ini, pelatih AS Roma Paulo Fonseca menulis curhatan soal hilangnya pelukan hangat di lapangan ketika melakukan selebarasi gol. Bukan tanpa alasan, phisycal distancing mau tidak mau tetap diberlakukan di lapangan hijau meski masih sulit dibayangkan bagaimana jika para pemain saling tackle dan adu bodi.

Liga Sepak Bola Jerman DFL mendesak pemain Bundesliga  untuk tidak terlalu sering kontak fisik. Mereka  merekomendasikan salam adu siku atau adu kaki, ketimbang berpelukan saat merayakan gol.

Pelatih Leipzig Julian Nagelsmann mengatakan para pemainnya sudah memikirkan sesuatu yang ia sebut dengan selebrasi gol ramah social distancing. Apalagi mereka juga masih kesulitan tampil bugar setelah 2 bulan jeda, jadi tidak akan ada yang melakukan selebrasi gol berlebihan.

Lalu bagaimana dengan meludah? Para pemain bola dikenal suka meludah saat pertandingan. Tidak terkecuali Lionel Messi. 

Melansir Give Me Sport, Ketua Komite Medis FIFA meminta para pemain untuk lebih menjaga kebersihan agar tidak menularkan penyakit. Michael D'Hooge meminta otoritas menciptakan peraturan baru misalnya kartu kuning atau sanksi lain bagi para pemain yang meludah.

"Saliva bisa bertahan di tanah dan rumput selama beberapa jam dan menjadi vektor penyebaran virus corona," kata D'Hooge.

Seperti diketahui, salah satu medium penularan virus corona adalah melalui droplet yakni air ludah. Maka ke depannya, para pesepak bola harus lebih bisa hidup bersih. 

Ya, ikon dan legenda Los Blaugrana termasuk sering meludah jika kesal terhadap lawan. Pada jornada kesembilan La Liga musim 2008/2009, Messi meludah ke arah gelandang Malaga, Duda. Messi kesal lantaran sering menerima tackle dari pemain ini. Namun, jarak mereka cukup berjauhan dan wasit melewatkan peristiwa itu.

Dalam sebuah video yang dilansir Marca, Messi terlihat melakukan aksi meludah ke bench Real Madrid di Santiago Bernabeu pada musim 2013-2013. Kisah itu diawali dengan kabar El Messiah menghardik bek Madrid, Alvaro Arbeloa, di area parkir stadion Santiago Bernabeu.

Jika aturan terkait meludah di lapangan ini benar-benar diberlakukan maka pemain yang doyan meludah bisa kena hukuman. Untuk Messi yang meludah kepada lawan, tentu hukumannya akan lebih berat.