Para Pemain Spanyol Diizinkan Kembali Berlatih Pekan Depan
Kompetisi La Liga (Twitter @laligaEN)

Bagikan:

JAKARTA -  Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengatakan para pemain sepak bola dapat kembali ke pelatihan individu dengan klub mereka mulai Senin depan.

Musim La Liga ditangguhkan tanpa batas waktu pada 23 Maret karena krisis virus corona. Langkah-langkah lockdown ketat pun diterapkan di Spanyol.

Pembatasan itu secara bertahap dilonggarkan dan Sanchez pada hari Selasa mengumumkan para pemain akan diizinkan untuk berlatih sendiri di fasilitas klub mulai awal pekan depan.

Perdana menteri menambahkan, sesi pelatihan kelompok tidak akan diizinkan sampai 18 Mei.

Tidak ada berita kapan musim ini dapat dilanjutkan meski ada rencana pembahasan soal jadwal akan kembali dibicarakan pada Juni mendatang. Hanya saja, orang-orang seperti kepala medis FIFA Michel D'Hooghe mengatakan, seharusnya tidak ada pertandingan hingga akhir Agustus atau September.

Sanchez mengungkap, empat fase untuk pelonggaran pembatasan telah disetujui oleh para menteri, tergantung pada perkembangan.

"Fase pertama, atau fase 0, adalah fase persiapan untuk periode transisi di mana kita berada saat ini," kata Sanchez. Melansir Soccerway, Rabu, 29 April.

"Contoh lain adalah dimulainya kembali pelatihan individu untuk atlet profesional dan pelatihan dasar untuk liga profesional.

"Dalam fase satu atau fase awal, tergantung pada beberapa faktor, permulaan beberapa kegiatan akan diizinkan.

"Di dunia olahraga, diyakini pusat pelatihan tinggi dan sesi pelatihan menengah untuk liga profesional dapat dibuka.

"Oleh karena itu, kita akan berada dalam normalitas baru pada akhir Juni jika kita mampu mengendalikan evolusi pandemi di setiap wilayah."

Sementara itu, musim Ligue 1 dan Ligue 2 Prancis berakhir pada hari Selasa ketika perdana menteri Prancis Edouard Philippe mengumumkan bahwa sepak bola profesional tidak akan dapat dilanjutkan sebelum September.

Keputusan itu mengikuti Eredivisie yang membatalkan musim pada pekan lalu. Begitu pun dengan musim domestik di Argentina.