Bagikan:

JAKARTA - Valentino Rossi diizinkan pergi ke Spanyol pada Kamis petang waktu setempat jelang Grand Prix Eropa di Valencia setelah dirinya mendapati hasil negatif COVID-19.

Dilansir Antara dari Reuters, Jumat, 6 November, juara dunia sembilan kali asal Italia itu telah melewatkan dua balapan di Aragon karena terjangkit COVID-19, dan pada Selasa kemarin masih mendapati hasil positif.

Dia akan menjalani tes lanjutan pada Jumat karena diperlukan dua hasil tes negatif agar sang pebalap tim Monster Energy Yamaha dapat turun balapan akhir pekan ini.

Rossi telah menjalani isolasi di rumahnya di Italia setelah pertama kali terjangkit COVID-19 sepulangnya dari GP Prancis.

Yamaha menyiagakan rookie Superbike Garret Gerloff jika The Doctor tidak dapat mengikuti balapan akhir pekan ini.

Tim Monster Energy Yamaha lewat keterangan resmi pada 15 Oktober mengonfirmasi hal tersebut dan menjelaskan kronologi sebelum sang juara dunia sembilan kali itu mendapati hasil tes positif.

Pada Minggu, 11 Oktober, Rossi meninggalkan sirkuit Le Mans dan kembali ke rumahnya di Tavullia, Italia. Berselang dua hari The Doctor menjalani tes PCR seperti biasa, yang menjadi kewajiban bagi mereka yang pulang ke rumah di antara balapan. Hasil tes diterima pada hari berikutnya dan menunjukkan negatif.

Rabu, 14 Oktober, Rossi merasa fit sepenuhnya dan berlatih di rumah tanpa mendapati gejala atau ketidaknyamanan. Sehari kemudian, ia bangun di pagi hari dan merasa sedikit sakit. 

Vale merasa sedikit demam dan langsung memanggil dokter. Sang dokter menjalani dua tes; yang pertama tes PCR cepat, yang kembali menunjukkan hasil negatif. Lalu tes PCR standar, yang hasilnya diterima pada pukul 16:00 dan menunjukkan hasil positif.

Selama tinggal di rumah dari Minggu malam hingga Kamis, Rossi tidak melakukan kontak dengan siapa pun yang saat ini berada di Grand Prix Aragon, termasuk para pebalap Akademi VR46, staf VR46, dan anggota tim Monster Energy Yamaha.

Kondisi Rossi diawasi oleh staf medis di Tavullia. Situasi dipantau setiap hari untuk melihat kemungkinan partisipasi Rossi di balapan yang akan datang. Kini, Rossi dinyatakan negatif COVID-19.