Bagikan:

JAKARTA - Roberto Mancini menerima pesangon dalam jumlah besar dari Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF). Tunjangan itu diterima sang pelatih setelah kontraknya diputus pada Kamis, 24 Oktober 2024.

Sebagai bentuk kompensasi untuk sang pelatih, SAFF disebut harus merogoh kocek cukup dalam. Apalagi sejatinya kontrak kerja pelatih asal Italia itu masih berdurasi hingga 2027.

"Kepergian Mancini mengakibatkan kehilangan finansial yang cukup besar bagi SAFF, yakni 30 juta euro (sekitar Rp507 miliar), akibat pemutusan kontrak," tulis media Koora dalam narasinya dikutip Jumat, 25 Oktober 2024.

Sebelumnya diketahui bahwa status Mancini sebagai pelatih diumumkan berakhir pada Kamis, 24 Oktober 2024, malam WIB. Hal ini seiring dengan pengumuman lewat akun resmi SAFF di X.

Dalam pernyataannya, SAFF menegaskan pelatih pengganti Mancini akan diumumkan dalam waktu dekat. Beberapa kandidat yang disebut-sebut akan menjadi pelatih baru Arab Saudi ialah Herve Renard, Tite, Jorge Jesus, Rui Vitoria, dan Husein Ammouta.

Mancini resmi menjadi pelatih Timnas Arab Saudi pada 27 Agustus 2023. Pelatih 59 tahun itu menggantikan posisi Saad Al Shehri yang berstatus sebagai pelatih interim.

Rekor Mancini sebagai pelatih Timnas Arab Saudi dari 18 pertandingan ialah tujuh menang, lima kali imbang, dan enam kali kalah.

Sepanjang 18 pertandingan itu, Arab Saudi mencetak 26 gol dan kebobolan 22 kali.

Mancini didepak SAFF setelah Timnas Arab Saudi tampil buruk di empat laga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Arab Saudi hanya mampu ditahan imbang Indonesia 1-1, menang 2-1 atas China, kalah 0-2 dari Jepang, dan imbang 1-1 melawan Bahrain.

Selanjutnya Timnas Arab Saudi akan melawan Australia di Melbourne pada 14 November 2024 dan bertandang ke Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 19 November, untuk melawan Timnas Indonesia.