Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Arab Saudi, Roberto Mancini, tak bisa menutupi perasaan kecewa setelah mendampingi tim di laga perdana Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Saat menghadapi Timnas Indonesia, Arab Saudi hanya mampu bermain imbang 1-1.

Pertemuan Arab Saudi dan Timnas Indonesia berlangsung di Stadion King Abdullah, Jeddah, pada Jumat, 6 September 2024, dini hari WIB. Berstatus sebagai tuan rumah, The Green Falcon justru terlihat kesulitan dalam memanfaatkan peluang yang ada.

Terbukti, Timnas Indonesia lebih dulu membuka gol pada menit ke-19. Arab Saudi bahkan baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-45+3 dan tak berubah hingga pertandingan usai.

Dikutip dari media Arab Sauri, Arriyadiyah, sang pelatih ternyata menjelaskan bahwa masalah dalam penyelesaian akhir memang menjadi kendala timnya dalam beberapa pertandingan terakhir.

"Kami memiliki masalah dalam memanfaatkan peluang, yang jelas-jelas kami hadapi dalam beberapa pertandingan terakhir. Namun, kami tidak hanya menggunakan hasil sebagai tolok ukur performa kami," ujar Mancini dikutip pada Jumat, 6 September 2024.

Berkaitan dengan masalah itu, Mancini juga menekankan pentingnya partisipasi para pemain nasional di klub mereka sebagai pemain inti. Menurutnya, banyak dari pemainnya yang tidak mendapatkan waktu bermain cukup di klub masing-masing.

"Para pemain Timnas Arab Saudi harus berpartisipasi sebagai pemain inti bersama klub mereka. Saya memiliki 20 pemain yang duduk di bangku cadangan dalam pertandingan lokal dan tidak ada solusi untuk dilema ini," ungkap pelatih asal Italia tersebut.

Mancini menambahkan bahwa solusi atas masalah yang terjadi itu adalah meningkatkan kerja sama antara tim nasional dan klub-klub di Arab Saudi.

"Kami hanya perlu mengintensifkan kerja sama dengan mereka," tuturnya.

Dengan hasil imbang di laga perdana ini, Arab Saudi jelas memiliki pekerjaan rumah cukup berat menjelang pertandingan kualifikasi berikutnya.

Sementara itu, Timnas Indonesia mendapat dorongan moral setelah mengamankan poin penting di kandang lawan.