Bagikan:

JAKARTA – Pebulu tangkis tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung harus menepi selama satu pekan ke depan akibat cedera yang dialaminya pada semifinal Denmark Open 2024.

Kepala Tim Medis PBSI, dr. Nicolaas C. Budhiparama, mengonfirmasi hal itu setelah menganalisis hasil pemeriksaan Gregoria yang keluar pada Kamis, 24 Oktober 2024.

"Hasilnya dia harus istirahat setidaknya sampai Senin (pekan) depan. Tidak boleh latihan terlebih dahulu," kata dia dalam keterangan yang diterima dari PBSI.

Gregoria yang mendapat medali perunggu di Olimpiade Paris 2024 langsung menjalani pemeriksaan di RS Medistra saat tiba di Jakarta dari Denmark pada Selasa, 22 Oktober 2024, pagi WIB.

Nicolaas mengatakan bahwa dirinya tidak mau gegabah dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan penanganan cedera atlet top seperti Gregoria.

"Jadi, saya akan lihat dulu perkembangannya sampai Senin depan. Lalu, saya akan periksa lagi. Baru nanti saya berikan kembali rekomendasi apakah sudah bisa kembali berlatih atau masih harus istirahat," tuturnya.

Dia juga menyampaikan rasa sakit pada cedera yang dialami peraih medali emas Kejuaraan Dunia Junior 2017 asal Wonogiri tersebut saat ini sudah jauh berkurang.

"Level sakit Gregoria sempat di angka delapan-sembilan dari skala 1-10, sampai tidak bisa bangun. Namun, setelah kami tangani, hari ini level sakitnya sudah jauh berkurang. Mungkin hanya di angka tiga," kata Nicolaas.

Gregoria mengalami cedera saat bersua dengan tunggal putri nomor satu dunia asal Korea Selatan, An Se-young. Masalah itu membuatnya harus mundur dan merelakan kemenangan kepada lawannya.

An Se-young yang kemudian maju ke final harus puas menjadi runner-up setelah dia kalah melawan unggulan kedua asal China, Wang Zhi Yi.