Bagikan:

JAKARTA – Bintang bulu tangkis asal Korea Selatan yang saat ini menempati peringkat satu dunia, An Se-young, memilih bungkam ihwal rumor hubungan kurang harmonis dengan staf pelatih.

Adanya masalah antara An Se-young dengan staf pelatih ini terlihat samar-samar selama sang pebulu tangkis tampil di Denmark Open 2024 yang berlangsung pekan lalu.

Saat kembali dari Denmark dan tiba Bandara Internasional Incheon pada Selasa, 22 Oktober 2024, An Se-young dimintai konfirmasi soal masalah itu oleh wartawan, tetapi ia cuma memberikan jawaban singkat.

"Saya tidak punya banyak hal untuk disampaikan," ujar pebulu tangkis berusia 22 tahun tersebut sebelum menaiki bus timnya, seperti dikutip dari The Korea Times.

Ketika tiba di Bandara Incheon, interaksi antara An Se-young dengan staf tim nasional, termasuk pelatih kepala Kim Hak-kyun, dipantau dengan seksama.

Sama seperti pada saat keberangkatannya menuju turnamen, An Se-young terlihat keluar dari gerbang kedatangan di bandara terpisah dengan semua staf pelatih.

Adapun pada saat bermain di Denmark Open 2024, indikasi yang memperkuat dugaan hubungan kurang baik antara An Se-young dengan staf pelatih terlihat cukup mencolok, khususnya dengan pelatih Kim Hak-kyun dan pelatih Sung Ji-hyun.

Ada momen saat jeda interval, An Se-young terlihat menghindari percakapan dengan staf pelatih. Interaksi tersebut semakin menguatkan spekulasi.

Situasi ini pun menjadi perhatian banyak media internasional. Beberapa media mencatat bahwa An Se-young tampak berusaha menghindari kontak mata dengan pelatih dan mengabaikan beberapa instruksi mereka.

Persoalan ini semakin mendapat perhatian setelah Presiden Asosiasi Bulu Tangkis Korea Selatan (BKA), Kim Taek-gyu memberikan kesaksian di hadapan Komite Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Majelis Nasional.

"Saya mendengar bahwa An Se-young tidak menyapa para pelatih, bahkan saat tiba di Denmark," ujar dia.

Selain itu, komentar dari pelatih Kim yang tiba lebih awal di bandara sepulang dari Denmark semakin memperlihatkan adanya masalah yang terjadi antara An Se-young dan staf pelatih.

"Ini masih saat di mana kami perlu mendekatinya dan berbicara. Kami akan menyelesaikannya secara bertahap. Ada banyak hal yang perlu dilakukan kedua belah pihak. Jadi, harap bersabar," katanya.

Denmark Open 2024 adalah penampilan pertama An Se-young setelah menyuarakan kritik keras menyasar manajemen tim nasional dan Asosiasi Bulu Tangkis Korea Selatan (BKA) setelah memenangi medali emas Olimpiade Paris 2024 pada Agustus 2024.

Pada turnamen yang berlevel Super 750 BWF itu, An Se-young yang menjadi unggulan pertama harus puas sebagai runner-up setelah kalah melawan unggulan kedua asal China, Wang Zhi Yi.