Bagikan:

JAKARTA - Manajer Manchester City, Pep Guardiola, marah besar kepada pelatih sementara Timnas Inggris, Lee Carsley karena tidak menginformasikan cedera Kyle Walker.

Walker kembali dari tugas membela Three Lions dengan keadaan cedera lutut. Kondisi itu membuat sang bek absen saat Manchester City menang atas Wolverhampton Wanderers 2-1 pada Minggu, 21 Oktober 2024.

Guardiola telah menyarankan agar Lee Carsley lebih banyak kontak dengan klub asal pemain.

"Sebelumnya, ketika saya masih menjadi pemain, manajer tim nasional menelepon manajer klub, tetapi sekarang tidak ada yang berbicara.

"Untuk musim pertama atau kedua bersama Gareth Southgate (sering komunikasi), tetapi tidak lagi sejak itu."

"Kadang-kadang Ronald Koeman (Manajer Timnas Belanda) karena dia teman saya. Saya tahu mereka tidak ingin cedera," kata Guardiola di ESPN.

Manajer asal Spanyol tersebut cukup saklek soal komunikasi dengan tim nasional. Tengok saja insiden serupa musim lalu yang melibatkan John Stones.

Stones mengalami cedera saat bermain dalam pertandingan persahabatan Inggris melawan Belgia.

Namun, tidak adanya komunikasi membuat Guardiola marah besar saat itu. Soalnya, Stone hanya cukup bugar sebagai pemain pengganti melawan Arsenal sepulang dari tugas Timnas Inggris.

Padahal, situasinya tengah genting lantaran Manchester City sedang bertarung berebut gelar juara Liga Inggris dengan The Gunners. Untungnya, laga berakhir seri 0-0.

Belum lagi jadwal The Citizens terbilang berat lantaran juga harus menghadapi Real Madrid di Liga Champions.

"Saya tidak pernah semarah saat itu. Saya tidak pernah sekecewa ini. Itu adalah pertandingan persahabatan."

"Kami akan bermain di perempat final melawan (Real Madrid). Dia kembali cedera setelah pertandingan persahabatan. Saya tidak menyukainya," ujar Guardiola mengingat momen musim lalu.

Sementara itu, Manchester City tengah bersiap menghadapi Sparta Praha pada matchday ketiga Liga Champions 2024/2025 di Stadion Etihad, Kamis, 24 Oktober 2024, dini hari WIB.

Guardiola masih kesal soal Walker tadi. Soalnya, situasi itu membuat Manchester City krisis bek kanan.

Selain itu, dia juga tidak bisa memainkan Kevin De Bruyne yang masih dalam tahap pemulihan cedera.

"Kecuali Rodri dan Oscar (Bobb), yang lainnya berlatih dan pemain yang belum sepenuhnya bugar seperti Kevin mulai membaik."

"(Cedera De Bruyne) bukan masalah besar, tetapi ia merasa belum sepenuhnya sehat dan Kevin sudah tidak berusia 22 tahun lagi."

"Ia harus benar-benar bugar untuk bermain sepak bola. Jika ia tidak merasa nyaman, ia tidak dapat menunjukkan potensinya. Ia masih belum merasa baik, jadi jangan terburu-buru. Ia harus (100 persen siap)," tutur Guardiola.