Bagikan:

JAKARTA – Taufik Hidayat mendapat tugas meningkatkan prestasi olahraga Indonesia setelah dilantik sebagai Wakil Menteri Pemuda dan Olahraga (Wamenpora) masa bakti 2024-2029.

Legenda bulu tangkis Indonesia itu dilantik menjadi Wamenpora bersama 55 wakil menteri lainnya di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pada Senin, 21 Oktober 2024.

Taufik mengatakan bahwa dia dipercaya membantu Menpora agar prestasi Indonesia di ajang penting seperti Olimpiade bisa meningkat dan mencatatkan sejarah.

"Arahan Presiden Prabowo agar prestasi olahraga Indonesia lebih meningkat lagi. Tahun ini kita dapat dua emas (di Olimpiade Paris 2024). Semoga nanti bisa lebih dari itu dan diingatkan selalu saya bisa bekerja maksimal," ujar Taufik dikutip laman Kemenpora.

Lingkungan Kemenpora sebenarnya bukan tempat baru Taufik Hidayat, yang mendapat medali emas tunggal putra pada Olimpiade 2004 di Athena.

Ia sebelumnya pernah ditunjuk menjadi Wakil Ketua Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) 2016-2017 serta menjadi Staf khusus di Kemenpora tahun 2017-2018.

Taufik mengatakan bahwa dia bakal berkoordinasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, terkait dengan tugas-tugas kepemudaan dan keolahragaan yang akan dijalani.

"Saya akan segera bertemu karena saya juga menunggu arahan dari beliau. Ke depannya saya pasti ikut arahan Pak Menpora, koordinasi dulu jangan sampai saya mendahului," kata dia.

Sebelumnya, Dito berharap kehadiran Taufik di Kemenpora dapat menginspirasi generasi muda Indonesia.

"Dengan adanya Taufik (Hidayat) ini, saya rasa sangat positif, di mana ketokohan beliau sangat inspirasi bagi generasi muda," ujar Menpora Dito.