Bagikan:

JAKARTA - Belanda terhindar kekalahan justru setelah kehilangan kapten Virgil van Dijk yang mendapat kartu merah di laga melawan Hungaria. Pelatih Ronald Koeman mengaku kecewa dengan kartu merah di laga UEFA Nations League yang berakhir imbang 1-1 itu. Koeman pun tidak akan mencari pengganti Van Dijk saat Belanda menghadapi Jerman.

Van Dijk mendapat dua kartu kuning yang berujung kartu merah hanya dalam tempo tiga menit dalam duel di Stadion Puskas Arena, Budapest, Sabtu, 12 Oktober 2024 dii hari WIB. Diusirnya Van Dijk menjadikan Belanda harus bekerja ekstrakeras.

Pasalnya, Belanda sudah tertinggal 1-0 lewat gol Roland Sallai. Gol itu berawal dari kesalahan gelandang Tijjani Reijnders.

Namun saat Belanda harus bermain dengan 10 pemain, mereka justru bisa menyamakan kedudukan. Bek Denzel Dumfries berhasil memecah kebuntuan hanya tiga menit setelah diusirnya Van Dijk.

Koeman sesungguhnya tak mempermasalahkan kartu merah Van Dijk. Namun dia mempertanyakan kartu kuning pertama yang diterima kapten Liverpool ini. Pasalnya, dia hanya mengajukan protes atas pelanggaran terhadap rekannya, Donyell Malen.

Menurut Koeman hal yang wajar bila kapten sekadar mempertanyakan keputusan itu. Apalagi, pelanggaran itu seharusnya diganjar kartu merah. Koeman kian kesal karena Van Dijk yang malah mendapat kartu kuning atas pelanggaran yang dialami rekannya.

"Momen yang bikin frustrasi. Bukan karena apa, tetapi saya sungguh tak paham. Menurut saya semua sepakat bahwa kapten bisa mengajukan protes kepada wasit," kata Koeman.

"Pelanggaran (terhadap Koeman) jelas itu kartu merah. Mereka memang tidak ada niat bermain bola. Virgil kemudian mendapat kartu kuning kedua yang sesungguhnya juga kurang tepat. Dan dia tahu itu," ujarnya.

Meski demikian, Koeman menunjukkan kepuasan atas semangat juang pemain asuhannya. Mereka tetap bermain dengan spirit tinggi meski kehilangan kapten tim.

"Kami membuktikan bila kami tak akan menyerah. Kami tetap berjuang demi menyamakan kedudukan. Setelah imbang mereka (Hungaria) juga menciptakan ancaman-ancaman yang membahayakan. Tetapi kami bertahan dengan sangat baik," kata Koeman lagi.

Setelah mendapat kartu merah, Van Dijk dipastikan absen saat Belanda melawan Jerman dalam big match di Stadion Allianz Arena, Munchen, Selasa, 15 Oktober 2024 dini hari WIB. Namun Koeman tidak akan memanggil pemain baru untuk menggantikan Van Dijk.

Laga melawan Jerman akan menjadi momen perebutan posisi puncak. Jerman yang bertengger di posisi teratas dengan memiliki poin tujuh hanya butuh imbang untuk mempertahankan posisinya. Sebaliknya, Belanda harus memenangkan laga tersebut karena masih tertinggal dua poin dari Jerman.