Bagikan:

JAKARTA - Laga UEFA Nations League antara Inggris vs Yunani di Stadion Wembley pada Jumat, 11 Oktober 2024, dini hari WIB, sangat emosional.

Sebelum sepak mula, pemain kedua tim berdiri di tengah lapangan untuk mengheningkan cipta mengenang wafatnya pesepak bola George Baldock sehari sebelum pertandingan.

Baldock merupakan pemain berdarah dan kelahiran Inggris yang memilih membela Timnas Yunani.

Yunani juga mendapat izin dari UEFA agar kedua tim mengenakan ban lengan hitam untuk penghormatan.

Dua pundit sepak bola sekaligus mantan pemain, Ian Wright dan Roy Keane, yang memandu pertandingan tersebut juga turut memberikan penghormatan melalui siaran langsung di televisi.

"Berita buruk, berita mengejutkan. Anda tidak bisa tidak memikirkan teman-teman dan keluarganya. Saya berbicara dengan Karl Robinson (mantan manajer MK Dons) tadi malam yang sangat terpukul."

"Dia (Baldock) pekerja keras dan berpikiran kuat. Anda selalu berpikir, dengan cara dia berusaha, dia akan selalu mencapai tujuan di Liga Inggris."

"Saya sangat menyesal dan semua belasungkawa saya sampaikan kepada keluarganya," kata Ian Wright.

Wright sangat mengenal Baldock. Legenda Arsenal dan Timnas Inggris itu pernah menukangi sang bek selama masa kepelatihan di akademi MK Dons.

Penghormatan untuk George Baldock di laga Inggris vs Yunani (Instagram/@ethnikiomada).

Sosok legenda lain yang ikut kehilangan ialah Roy Keane. Legenda Mancheste United dan Timnas Irlandia itu sangat mengingat Baldock ketika masih membela klub Inggris, Sheffield United.

"Mereka akan terkejut. Saya ingat dia di Sheffield United. Dia punya energi yang besar dan selalu siap bertempur."

"Para pemain akan bereaksi, bersikap profesional, dan tampil maksimal untuknya," kata Keane.

Baldock meninggal dunia pada usia 31 tahun. Dia ditemukan tenggelam di kolam renang rumahnya di Athena, Yunani.

Media Yunani melaporkan Baldock ditemukan oleh pemilik properti setelah istrinya yang khawatir membunyikan alarm ketika dia tidak dapat menghubunginya.

Dia kemudian ditemukan meninggal, dengan otopsi awal yang mengonfirmasi bahwa dia telah tenggelam.

Baldock bermain melawan dan bersama beberapa bintang Inggris selama masih membela Sheffield United.

Dean Henderson, yang masuk dalam bangku cadangan Three Lions di laga kontra Yunani tersebut, bermain bersama Baldock di Bramall Lane, kandang Sheffield.

Dia telah menjadi bintang Blades, julukan Sheffield, sejak 2017 sebelum pindah ke klub Yunani, Panathinaikos, pada musim panas ini.

Baldock terakhir kali bermain untuk Timnas Yunani pada Maret 2024.

Sementara itu, penghormatan di laga Inggris vs Yunani tak hanya untuk Baldock. Kedua tim juga memberikan penghormata kepada Lord Herman Ouseley yang meninggal minggu lalu pada usia 79 tahun.

Dia adalah tokoh kunci dalam memerangi rasisme dalam sepak bola dengan yayasan Kick It Out.