Bagikan:

JAKARTA - Laga UEFA Nations League antara Inggris vs Yunani di Stadion Wembley, Jumat, 11 Oktober 2024, dini hari WIB, akan diwarnai penghormatan kepada George Baldock.

Baldock merupakan pesepak bola kelahiran Inggris yang memilih kewarganegaraan Yunani. Dia pun sudah mengemas 12 penampilan untuk Timnas Yunani.

Pemain yang baru pindah ke Panathinaikos pada 29 Mei 2024 itu meninggal dunia 24 jam sebelum partai Inggris vs Yunani.

Timnas Yunani akan mengenakan ban lengan hitam pada pertandingan nanti melawan Inggris.

Sementara FA belum mengonfirmasi apakah pemain Timnas Inggris akan mengikuti jejak Yunani dengan mengenakan ban lengan hitam. Pastinya, akan ada mengheningkan cipta sebelum pertandingan dimulai.

Baldock lahir di Buckinghamshire, Inggris, pada 9 Maret 1993. Dia memilih Yunani karena darah dari neneknya.

Bek sayap itu meninggal dunia secara tragis pada Rabu, 9 Oktober 2024, waktu setempat di vilanya yang terletak di Athena. Dia ditemukan sekitar pukul 10.30 malam di kolam renang.

Istri Baldock yang tinggal di Inggris membunyikan alarm pada hari itu ketika ia kesulitan menghubunginya.

Ia kemudian memberi tahu pemilik rumah di Glyfada, Athena selatan, untuk memeriksa properti tersebut.

Polisi kemudian datang, tapi tidak dapat menyadarkan Baldock di tempat kejadian perkara. Polisi pun akhirnya mengonfirmasi meninggalnya sang pemain. Saat ini, pihak kepolisian setempat masih melakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Kami dapat mengonfirmasi bahwa George telah meninggal dunia. Sebagai sebuah keluarga, kami sangat terkejut dengan kehilangan yang mengerikan ini," bunyi pernyataan pihak keluarga dilansir The Sun.

Federasi Sepak Bola Yunani (HFF) juga memberikan ucapan belasungkawa terhadap meninggalnya bintang mereka pada usia 31 tahun.

"Dengan kesedihan dan duka mendalam, tim nasional dan Federasi Sepak Bola Yunani mengucapkan selamat tinggal kepada George Baldock."

"Tidak ada kata-kata yang dapat menggambarkan rasa sakit manusia yang disebabkan oleh berita tentang kehilangan tak terduga salah satu pemuda kami."

"Momen ini memaksa keheningan. Belasungkawa untuk keluarganya. Ucapan belasungkawa dari keluarga keduanya," bunyi pernyataan Federasi Sepak Bola Yunani.

George Baldock sempat menghabiskan tujuh musim bersama Sheffield United sebelum bergabung klub Liga Super Yunani, Panathinaikos, pada musim panas ini.

Ia tampil dalam hasil imbang 0-0 pada Minggu, 6 Oktober 2024, melawan rival Olympiacos.

Baldock lulus dari tim muda MK Dons dan dipinjamkan ke Oxford United, Tamworth, serta Northampton Town sebelum mengukir namanya di Sheffield United.

Ia menjadi bintang bagi tim Yorkshire tersebut antara tahun 2017 dan 2024. Baldock mengukir 219 kali penampilan dan mendapat julukan Furious George karena gayanya yang agresif serta penuh aksi.

Baldock membantu Sheffield United dua kali promosi ke Liga Inggris, bahkan finis di papan atas pada musim 2019-2020.

Namun, Baldock tak masuk Timnas Yunani untuk pertandingan internasional Oktober 2024. Dia juga absen pada pertandingan September 2024 karena cedera.

Debutnya bersama Yunani terjadi di UEFA Nations League pada Juni 2022 sebagai pemain pengganti saat melawan Irlandia Utara.

Setahun kemudian, Baldock entah bagaimana berhasil membuat Kylian Mbappe diam selama 104 menit meski bermain dengan rasa sakit yang tak terbayangkan di pergelangan kakinya.

Baldock memilih Yunani lantaran punya kesempatan besar bermain di tengah menumpuknya sektor bek kanan Timnas Inggris yang berisi nama-nama tenar seperti Kyle Walker, Kieran Trippier, Reece James, dan Trent Alexander-Arnold.