Bagikan:

JAKARTA - Tottenham Hotspur akan berusaha memperpanjang kemenangan beruntun mereka menjadi enam pertandingan di semua kompetisi saat mereka bertandang ke Stadion Amex untuk menghadapi Brighton & Hove Albion pada lanjutan Premier League, Minggu 6 September.

Setelah kemenangan susah payah 2-1 atas Ferencvaros di Liga Europa, tim asuhan Ange Postecoglou akan kembali beraksi di liga. Sementara itu, Brighton harus bangkit dari kekalahan 4-2 melawan Chelsea minggu lalu.

Tottenham Hotspur datang dengan modal yang sangat baik setelah memenangkan lima pertandingan beruntun sejak kekalahan mereka di derby London Utara melawan Arsenal. Setelah kemenangan atas Ferencvaros, Postecoglou tetap percaya diri untuk bisa mempertahankan performa impresif anak asuhnya di Premier League. Meski demikian, kemenangan tersebut diraih dengan susah payah, di mana Pape Sarr dan Brennan Johnson mencetak gol sebelum Barnabas Varga memperkecil ketertinggalan bagi Ferencvaros di menit-menit akhir.

Di liga, Spurs sedang dalam tren kemenangan setelah menaklukkan Brentford 3-1 dan Manchester United 3-0. Kemenangan atas United bahkan semakin spesial setelah mereka memanfaatkan keunggulan atas tim lawan yang bermain dengan 10 pemain karena Bruno Fernandes diusir keluar. Saat ini, Tottenham menempati peringkat kedelapan klasemen sementara dan terus merangsek ke zona Eropa.

Sementara itu, Brighton juga mengalami pasang surut performa. Tim asuhan Fabian Hurzeler baru saja menerima kekalahan pertama mereka di era sang pelatih saat dibantai Chelsea 4-2 di Stamford Bridge. Meskipun sempat unggul cepat melalui gol Georginio Rutter, Brighton tak mampu menghentikan ledakan Cole Palmer, yang mencetak empat gol dalam satu babak. Kekalahan ini membuat Brighton turun ke peringkat sembilan klasemen, hanya satu poin di belakang Tottenham.

Meskipun demikian, Brighton tetap tim yang sulit dikalahkan, terutama di kandang. Mereka belum pernah kalah dalam tiga pertandingan terakhir di Amex Stadium dan selalu menampilkan permainan menyerang yang menghibur, meski hanya meraih dua kemenangan dari delapan pertandingan Premier League terakhir di kandang. Musim lalu, Brighton menang 4-2 dalam pertemuan pertama melawan Tottenham di Amex, sebelum Spurs membalas dengan kemenangan 2-1 di kandang sendiri pada Februari lalu.

Tottenham Hotspur masih harus bermain tanpa kapten Son Heung-min, yang absen akibat cedera ringan. Posisi Son kemungkinan akan digantikan oleh Brennan Johnson yang sedang dalam performa apik.

Kabar baik datang dari Destiny Udogie, yang diperkirakan bisa kembali bermain setelah absen melawan Ferencvaros. Timo Werner yang tampil kurang meyakinkan saat menghadapi Ferencvaros, kemungkinan besar akan turun sebagai starter meski mendapatkan banyak kritik. Di lini depan, Dominic Solanke siap memimpin serangan setelah dipanggil kembali ke tim nasional Inggris untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun.

Selain itu, Wilson Odobert dan Richarlison masih absen akibat cedera, sementara bek andalan Cristian Romero akan kembali menjadi tumpuan di lini belakang bersama Micky van de Ven. Gelandang Radu Dragusin juga kembali setelah menjalani hukuman di kompetisi Eropa.

Brighton akan berharap bisa memainkan beberapa pemain kunci yang sempat cedera. James Milner (cedera paha), Brajan Gruda (cedera tidak spesifik), dan Joel Veltman (sakit) kemungkinan besar akan tersedia untuk laga ini, sementara Solly March tetap absen jangka panjang karena cedera lutut. Joao Pedro (cedera pergelangan kaki) dan Matt O'Riley (cedera pergelangan kaki) juga belum pulih sepenuhnya dan kemungkinan besar akan melewatkan pertandingan ini.

Di lini tengah, bintang muda Brighton Carlos Baleba yang baru saja mencetak rekor sebagai pemain termuda asal Kamerun yang mencetak gol dan assist di Premier League akan menjadi tumpuan bersama Jack Hinshelwood. Sementara itu, Evan Ferguson dan Danny Welbeck akan bersaing untuk mengisi posisi striker di depan.

Tottenham sedang dalam tren kemenangan yang sangat baik dan memiliki banyak opsi serangan meski tanpa Son Heung-min. Di sisi lain, Brighton akan sulit dihadapi di kandang dan tetap mampu mencetak gol dengan skema permainan menyerang mereka. Namun, melihat performa Spurs yang semakin solid di bawah asuhan Postecoglou, Tottenham diprediksi akan mampu meraih kemenangan tipis di laga ini.

Prakiraan Susunan Pemain

Brighton & Hove Albion:

Verbruggen; Veltman, Dunk, Igor, Estupinan; Enciso, Baleba, Hinshelwood; Rutter, Welbeck, Mitoma

Tottenham Hotspur:

Vicario; Porro, Romero, Van de Ven, Udogie; Kulusevski, Bentancur, Maddison; Johnson, Solanke, Werner